Ini Alasan Kenapa Lord of the Rings Jadi Karya Fenomenal | Breaktime
Ini Alasan Kenapa Lord of the Rings Jadi Karya Fenomenal
27.05.2015

Apabila B'timers pernah nonton film berjudul "The Hobbit," pastinya juga tak asing dengan 3 sekuel film yang melatarbelakangi munculnya film tersebut, berjudul "Lord of the Rings."

Lord of the Rings merupakan film yang diangkat dari novel epic-fantasi karangan seorang profesor sekaligus penulis dari Inggris bernama John Ronald Reuel Tolkien atau biasa dikenal dengan nama J.R.R Tolkien. Novel ini diterbitkan dalam 3 jilid yang setiap jilidnya berisikan dua buku, pada tahun 1954 dan 1955. Cerita yang baru tamat setelah 12 tahun (sejak 1937 sampai 1949) ini, menjadi salah satu karya sastra abad ke-20 yang paling populer dan diterjemahkan ke dalam 38 bahasa.

J.R.R Tolkien membutuhkan waktu bertahun-tahun dalam pembuatan 3 seri Lord of the Rings
J.R.R Tolkien membutuhkan waktu bertahun-tahun dalam pembuatan 3 seri Lord of the Rings

Tentunya, B'timers akan penasaran kenapa novel serial ini sampai menjadi populer dan sangat terkenal? Rupa-rupanya, ada alasan khusus kenapa novel dengan judul utama Lord of the Rings ini sangat fenomenal. Dalam pembuatannya, J.R.R Tolkien benar-benar memperhatikan setiap kaidah dan alur dengan sangat detail, bahkan ada alur flashback yang sengaja dibuat rumit dan membingungkan. Namun dari kerumitan tersebut, justru memancing pembacanya untuk terus membuka halaman demi halamannya lagi.

Tidak hanya itu saja, J.R.R Tolkien juga berhasil menjaring imajinasi para pembacanya sehingga 'terjebak' dan mengikuti jalan cerita di dalam novel-novelnya itu. Selain itu, J.R.R Tolkien tidak hanya mengangkat kisah petualangan dengan karakter-karakter yang kuat aneh, melainkan juga membubuhi banyak sekali pesan moral di dalamnya.

Imajinasi J.R.R Tolkien seakan benar-benar menjelma dan tertuang dalam novel-novelnya itu dan diserap dengan cepat oleh para pembacanya. Ditambah lagi, cerita-cerita mengenai mitologi dan juga pertempuran antara kebaikan dan keburukan adalah sebuah alur yang terus diminati sepanjang masa dan J.R.R Tolkien berhasil mengemasnya dengan baik.

3 Novel series dari Lord of the Rings ini juga hadir dalam Bahasa Indonesia
3 Novel series dari Lord of the Rings ini juga hadir dalam Bahasa Indonesia

Namun bukan hanya berdasar atas imajinasi saja, dalam pembuatan Lord of the Rings, J.R.R Tolkien juga melakukan berbagai riset yang dimulainya sejak tahun 1917 dan mencakup penelitian tentang philology, mithology, keagamaan, kepercayaan, dan efek dari industrialisasi.

Dikarenakan popularitas dari 3 novelnya itu, Lord of the Rings akhirnya dibawa dalam bentuk layar lebar dan terdapat juga versi musik, video game, sampai dengan pembuatan action figure. Tidak hanya itu saja, 3 novel tersebut kembali dicetak ulang dalam berbagai bahasa. Bahkan kabarnya, novel-novel dengan cetakan barunya itu sudah terjual lebih dari 150 juta kopi. Fantastis!

Share This Article