Ingin Ngetop Seperti J.K. Rowling? Ini Tipsnya! | Breaktime
Ingin Ngetop Seperti J.K. Rowling? Ini Tipsnya!
19.05.2015
“Anything’s possible if you’ve got enough nerve.”
-J.K Rowling-

Harry Potter, sebuah fiksi modern yang keberadaannya sukses mengguncang pembaca di seluruh dunia. Namun, ketika karya pertama J.K. Rowling berjudul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” pertama diterbitkan tahun 1997, ia bukanlah seorang pengarang buku yang namanya langsung meroket.

So how did she do it? Bila B’timers saat ini gemar menulis dan tertarik untuk menerbitkan karya besar seperti halnya  Joanne Kathleen Rowling, intip dulu beberapa tips berdasarkan hasil wawancara dan proses pembuatan novel Harry Potter berikut ini:

Buat rencana matang

Harry Potter lahir tanpa kesengajaan ketika J.K. Rowling sedang berada dalam perjalanan kereta dari Manchester dan London. Kisah fiksi Harry sebenarnya telah terbentuk secara sempurna dalam benak Rowling ketika matanya menerawang ke sebuah padang gembala kerbau.

Sayangnya, ketiadaan rencana yang matang justru menjadikan penulisan novel yang banyak digubah ke berbagai bahasa itu sempat terhenti selama lima tahun. Nah, jadilah penulis fiksi yang lebih produktif dengan memetakan tokoh, plot, dan semua unsur karya sastra secara matang.

Konsisten dalam menulis

Konsisten dalam menulis akan berbuah karya besar seperti Harry Potter
Konsisten dalam menulis akan berbuah karya besar seperti Harry Potter

Banyak yang bilang bahwa menulis adalah creative sport, meaning you only do it when you like it. Namun, anggapan ini sama sekali tak benar. Bila B’timers ingin tulisan tersebut dibukukan dan dibaca banyak orang, treat it like a job!

Menulis di malam hari

J.K. Rowling mengaku bahwa dirinya kerap mendapatkan banyak inspirasi ketika di malam hari, saat suasana rumah terasa sunyi. Hal yang sama juga dilakukan oleh George Sand, seorang novelis asal Perancis, yang kerap menjadikan waktu malam sebagai momen emas yang menginspirasi.

Terapkan strategi menulis

Pada mulanya, J.K. Rowling menuliskan semua plot dari novel pertama hingga novel ke tujuh dalam serial pertama. Namun, akhirnya ia strategi menulisnya ini dengan membuat karya yang bikin pembacanya penasaran. Maka tak ayal bila setiap serial terbaru Harry Potter selalu menyedot animo para pembaca fiksi dunia.

Siap untuk menjadi pengarang fiksi ternama seperti J.K. Rowling? Mulailah untuk mengumpulkan keberanian untuk menyusun ide baru yang anti-mainstream dan menuangkannya dalam tulisan seperti empat tips ala J.K. Rowling!

Share This Article