Indonesia Siap Gempur Frankfurt Book Fair 2015 | Breaktime
Indonesia Siap Gempur Frankfurt Book Fair 2015
15.05.2015

Bila B’timers adalah book-addicts, berakhirnya “Asean Literary Festival 2015” yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 15 hingga 22 Maret kemarin pastinya menyisakan satu kesedihan tersendiri, bukan? Namun, tak usah terlalu larut dalam kesedihan karena festival buku tanah air lainnya akan kembali diselenggarakan.

Kali ini, bersiaplah dengan festival buku Indonesia yang akan digelar di Frankfurt, Jerman. Yap, di tanggal 14 hingga 18 Oktober 2015 nanti, Frankfurt Book Fair  (FBF) akan kembali mengundang Indonesia untuk menjadi Guest of Honour alias Tamu Kehormatan dalam untuk menyemarakkan festival buku di sana.

Tak hanya menjadi ajang bagi pihak industri buku Indonesia untuk melebarkan sayap ke dunia internasional, masuknya Indonesia ke acara Frankfurt Book Fair 2015 juga akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya dan tradisi literatur Tanah Air ke masyarakat internasional. 

Sejumlah persiapanpun telah dimulai dilakukan dengan matang. Sebagai contoh, dengan adanya informasi yang pernah dituturkan Ronny Agustinus yang beruntung di undang ke FBF pada bulan Oktober 2014 lalu, para peserta FBF 2015 dibekali dengan informasi seputar persiapan katalog, sample chapter, serta information sheet yang sering dicari oleh para pembaca luar sebelum memutuskan untuk membeli sebuah buku.

Suasana Frankfurt Book Fair tahun 2011
Suasana Frankfurt Book Fair tahun 2011

Sementara itu, sebagai penyair ternama yang sekaligus menjabat sebagai ketua Komite Nasional Indonesia, Goenawan Mohamad, menuturkan bahwa menjadi Tamu Kehormatan dalam Pameran Buku Frankfurt, ibaratnya melompat ke dalam radius pandang yang baru.

Ditulis dan dibaca dalam lingua franca yang diterima secara luas dan tanpa mengalami distorsi makna yang dipaksakan, kesusastraan para penulis yang lahir dengan berbagai bahasa ibu ini akan menjelma sebagai kesatuan dan kebhinekaan yang memikat di mata dunia.

Acara yang mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah kementrian RI, Goethe-Institut, Frankfrut Book Fair, PerpusNas, IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia), serta penulis dan penerbit dari berbagai genre ini akan menjadi sebuah festival buku 2015 yang paling mengesankan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Nah, bagi B’timers yang penasaran dengan seperti apakah stan Indonesia di ajang pameran buku tertua dan terbesar di dunia, “Frankfrut Book Fair 2015”, jangan lewatkan kesempatan untuk hadir dan melihat secara langsung animo masyarakat dunia terhadap susastra Indonesia dengan memesan tiket penerbangan menuju Jerman jelang bulan Oktober 2015 nanti. 

Share This Article