I Am Sujiatmi, Jokowi's Mother: Biografi | Breaktime
I Am Sujiatmi, Jokowi's Mother: Biografi "Guru Abadi" Presiden Jokowi
30.05.2015

Menulis tentang biografi orang-orang ternama dan terkenal di dunia, seperti penemu, peneliti, ilmuwan, olahragawan sampai dengan kepala negara adalah suatu hal yang mainstream. Namun menulis biografi sekaligus cerita dan kisah seseorang yang derajatnya lebih tinggi dari seorang kepala negara atau presiden, mungkin menjadi satu hal yang menarik.

Ternyata kalimat di atas bukan hanya sekedar tulisan saja, B'timers. Dua orang penulis yaitu Kristin Samah dan Fransisca Ria Susanti menulis biografi tentang Ibunda Presiden Joko WIdodo, Sujiatmi Noto Miharjo. Dipublikasikan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU), buku berjudul "I Am Sujiatmi, Jokowi's Mother" resmi dirilis ke pasaran pada awal tahun 2015 lalu.

Peluncuran buku ini dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise
Peluncuran buku ini dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise

Walaupun menuliskan tentang biografi seorang asli Indonesia dan dipublikasikan untuk para pembaca Tanah Air pada khususnya, namun Kristin dan Francisca lebih memilih untuk menulis buku biografi Ibu Sujiatmi ini dalam bahasa Inggris.

Kristin dan Francisca juga menuangkan cerita dan kisah Ibu Sujiatmi dalam bagaimana dia membesarkan putra-putrinya dengan mengedepankan kesederhanaan dan kejujuran yang sampai sekarang ini terus digunakan oleh Presiden Jokowi selaku kepala negara atau juga sebagai individu.

Tidak hanya itu saja, diceritakan pula di dalamnya bagaimana Ibu Sujiatmi harus menahan tangis di depan anak-anak mereka ketika masalah mendera dan solusi tepat dalam menyelesaikannya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, turut memberikan apresiasi kepada para penulis buku biografi setebal 156 halaman ini. Bahkan Yohana juga mengatakan bahwa kejujuran, kekuatan dan kesederhanaan Ibu Sujiatmi dapat dijadikan contoh teladan bagi seluruh ibu atau calon ibu di Tanah Air.

Share This Article