Full of Insight: A Heartbreaking Love Story from Kashmir | Breaktime
Full of Insight: A Heartbreaking Love Story Kashmir | Breaktime
31.01.2015

Bersiaplah untuk menikmati karya sastra terbaru dari penulis ternama Kashmir, Mirza Waheed, yang akan melengkapi pengalaman membaca Anda dalam ranah percintaan. Ini merupakan karya terbaik Waheed yang berhasil masuk dalam daftar the Guardian First Book Awards, the Sakti Bhat Prize, serta Desmond Elliot Prize.

Novel berjudul “The Book of Gold Leaves” ini juga sangat kental dengan suasana kekejaman dan penderitaan masa peperangan saat kerusuhan Kashmir tahun 1990-an. Ya, novel terbaru Waheed ini memang memiliki fase konflik yang sama, hanya saja kisah pertumpahan darah menjadi background dari kisah romantis kota Srinagar.

Novel yang juga menjadi book of year for The Telegraph, New Statesman, dan Telegraph India ini menceritakan tentang seorang muslimah Sunni bernama Roohi yang jatuh cinta pada seorang seniman Syiah bernama Faiz. Suasana konflik peperangan di kota mereka menjadi makin kacau ketika tentara India menguasai sekolah Roohi dan menggunakannya sebagai lokasi penculikan dan pembunuhan.

Faiz pada akhirnya memutuskan untuk pergi ke Pakistan dan bergabung menjadi anggota militer. Di sisi lain, Roohi tetap dengan setia manantikan kedatangan kekasih hatinya, Faiz. Ia secara diam-diam menyelundupkan surat cintanya ke Nepal.

Meski kisah percintaan antara Faiz dan Roohi ini akan menjadi fokus utama karya Waheed, tetapi secara cerdas Waheed juga banyak menyelipkan beberapa pandangannya satirisnya pada wilayah politik-keagamaan.

Hal ini tampak dari percakapan santai yang dilontarkan Faiz dengan anggota Mujahidin tentang pandangan keduanya pada konsep agama. Alur novel terbaru ini juga bertambah menarik ketika Waheed menampilkan kisah perlawanan insting anggota keluarga.

Anda akan disuguhkan dengan kisah kakak Roohi yang pada akhirnya melakukan pemberontakan dan menarget ayahnya sendiri sebagai korban untuk dibunuh. Novel ini benar-benar akan menyuguhkan Anda dengan kisah moral mendalam dibalik peperangan yang menewaskan nyawa-nyawa tak berbilang.

Share This Article