Frog: Upcoming Novel You Have to Read in 2015 | Breaktime
Frog: Upcoming Novel You Have to Read in 2015
09.02.2015

There are books you read because you want to read them and there are book you read because you have to read them! Buku yang masuk kategori pertama adalah buku yang menjanjikan berbagai hal menarik di awal semacam kisah petualangan bersama alien, sedangkan buku yang ke dua, what kind of genre that will move you to read?

Breaktime is here to help! Di bulan Januari ini, buku berjudul “Frog” setebal 400 halaman akan ”mengguncang” pikiran Anda dengan serangkaian kisah perbidanan dan politik aborsi menyusul kebijakan pemerintah Tiongkok yang memberlakukan kebijakan satu orang anak.

If that’s not already on your radar, you might just not to be interested, tapi B’timers juga harus tahu bahwa buku ini ditulis oleh seorang pria penyabet Nobel Cina yang hingga saat ini masih mendekam di balik jeruji besi sekaligus anggota partai komunis bernama Mo Yan.

Lewat sang narator Xiaopao (Tadpole), Yan menghubungkan tentang kisah bibinya bernama Gugu, seorang bidan legendaris karena kemampuanya dalam dunia medis. Dikisahkan bahwa Gugu adalah seorang bidan super sibuk di Desa Gaomi yang jarang menikmati makan sambil duduk. Ia begitu sibuk membantu persalinan ribuan anak lantaran kebijakan Mao Zedong yang mendorong rakyat Tiongkok untuk memiliki banyak anak.

Namun karena pergantian politik, revolusi komunis dan arah negara yang perlahan makin menuju kapitalisme, peran Gugu yang tadinya tampil sebagai sosok bidan brilian harus beralih menjadi “bidan bengis” yang harus membantu aborsi sejumlah warga karena kebijakan pemerintah yang menetapkan untuk memiliki satu orang anak dalam keluarga.

Dalam novel ini, Mo Yan dengan sangat apik menggambarkan dunia keluarga yang mengalami depresi dan hantaman rasa bersalah. Selain itu, buku ini juga menampilkan kritik atas sejumlah koreksi Mo Yan terhadap peristiwa masa lalu memilukan yang pernah terjadi tersebut. Surely, this book provides you with bunch of reasons why you want to read it away!

Share This Article