Cara Dan Tips Membaca Cepat dan Efektif | Breaktime
Cara Menyenangkan untuk Membaca Cepat dan Efektif
06.07.2015

Meski memberikan banyak manfaat, ternyata masih banyak orang yang malas membaca. Alasannya pun beragam, mulai dari tak ada waktu, tak bisa menemukan buku yang menarik, sampai munculnya rasa bosan dan lelah saat membaca. Kalau B’timers juga mengalami hal ini, yuk coba kiat membaca yang cepat dan efektif dari Breaktime berikut ini:

Putar musik atau kunyah permen karet

Mendengarkan musik saat membaca dapat membuat lebih fokus
Mendengarkan musik saat membaca dapat membuat lebih fokus

Kebiasaan Anda membaca dengan bergumam sebenarnya tidak salah. Namun hal tersebut justru memperlambat kecepatan membaca. Jadi untuk menyiasati hal tersebut, coba dengarkan musik ataupun mengunyah permen karet saat membaca. Dengan cara ini, otak Anda akan lebih terfokus untuk membaca dan tentunya akan lebih cepat.

Jarak baca kurang lebih 30 cm

Tidak bisa dipungkiri bahwa jarak baca akan mempengaruhi kecepatan membaca. Tampaknya, membaca dalam jarak dekat bisa membuat lebih fokus, tapi ternyata hal tersebut malah bisa menimbulkan rasa pusing. Maka dari, pastikan jarak buku dari wajah sekitar 30 cm.

Menggerakkan jari

Mungin cara satu ini bisa dibilang kuno, namun tetap sangat membantu kecepatan membaca Anda. Tempelkan jari tepat di bawah kalimat yang And abaca, dan gerakkan seiring dengan perpindahan bola mata. Hal ini membuat kecepatan baca bertambah dan memastikan tak ada barisan kata yang terlewat.

Membiasakan rutin membaca

Sering membaca akan berdampak sangat bagus untuk Anda
Sering membaca akan berdampak sangat bagus untuk Anda

Practice make perfect. Semakin sering Anda membaca, semakin baik pula kemampuan menyerap informasi dan memahami suatu teks. Kecepatan membaca pun akan meningkat seiring berjalannya waktu. Bisakanlah untuk membaca sebuah buku, majalah, atau novel setiap harinya.

Sayang sekali kan, kalau B’timers melewatkan begitu banyak informasi menarik yang ada dalam sebuah buku. Maka dari itu, yuk ikuti cara di atas!

Share This Article