Book vs eBook, Mana yang Lebih Baik? | Breaktime
Book vs eBook, Mana yang Lebih Baik?
22.04.2015
“Books are a uniquely portable magic”
-Stephen King-

Seiring dengan zaman yang semakin maju, tak bisa dipungkiri jika sesuatu yang praktis dan cepat lebih disukai. Ya, hal ini tercermin dari maraknya pembaca buku yang berpindah ke eBook. Dianggap lebih praktis dan handy, eBook memang jadi pilihan utama untuk memperoleh informasi maupun melakukan hobi membaca. Apakah B’timers juga demikian?

Dari data yang dikeluarkan oleh Statista, penduduk Amerika berusia 18-29 tahun lebih suka membaca melalui eBook. Sedangkan yang berusia 50 tahun ke atas lebih suka membaca melalui buku biasa. Menurut data lain yang pernah dipublikasikan oleh Publishing Perspectives, popularitas eBook dirasa bersaing ketat dengan buku karena maraknya perangkat elektronik portable yang dapat digunakan di mana dan kapan saja.

Tentu tak ada salahnya lebih memilih buku atau eBook, karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing seperti berikut ini:

Buku

Meski sudah ada eBook, banyak juga penggemar buku yang masih setia
Meski sudah ada eBook, banyak juga penggemar buku yang masih setia

Membeli buku berarti B’timers memiliki sesuatu yang nyata, bisa disentuh dan disimpan sebagai bagian dari barang koleksi. Para kolektor buku tentu setuju, mengumpulkan berbagai judul buku dan menatanya sedemikian rupa merupakan keasyikan tersendiri yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Selain itu, dengan membaca buku Anda tentu bisa memperoleh informasi yang diinginkan tanpa harus berhadapan dengan layar yang memiliki tingkat radiasi tinggi. 

eBook

eBook lebih disukai generasi muda yang butuh kepraktisan
eBook lebih disukai generasi muda yang butuh kepraktisan

Pembaca eBook biasanya merupakan orang-orang yang memiliki mobilitas dan kesibukan tinggi, sehingga memperoleh informasi melalui gadget dianggap sebagai solusi paling tepat. Buku elektronik memang lebih praktis karena tidak membutuhkan tempat luas untuk menyimpannya. Selain itu, Anda juga tidak perlu direpotkan dengan perawatan mendetail karena file eBook akan aman tersimpan tanpa takut rusak atau terkena debu selama perangkat elektronik yang digunakan dalam keadaan baik. 

Jadi, buku maupun eBook sama-sama baiknya tergantung dengan kebutuhan. Yang jelas, B’timers harus membeli buku atau eBook yang asli dan tidak mendukung pembajakan serta pengunduhan file secara ilegal melalui internet.

Share This Article