Awas, 4 Buku Ini Biasa Bikin Anak Trauma! | Breaktime
Awas, 4 Buku Ini Biasa Bikin Anak Trauma!
16.08.2015

Sebuah buku seharusnya bisa memberikan pelajaran atau ilmu pengetahuan yang baik, terlebih lagi jika dibaca oleh anak-anak. Namun kenyataannya, ada buku-buku yang justru bisa menimbulkan trauma pada anak. Berikut Breaktime rangkum informasinya untuk Anda:

Island of the Blue Dolphins

Island of the Blue Dolphins by Scoott O’Dell
Island of the Blue Dolphins by Scoott O’Dell

Buku yang menceritakan kisah pengorbanan seorang gadis di sebuah pulau lepas pantai California ini dianggap tidak mendidik oleh banyak pakar. Tokohnya memiliki karakter emotionless, sehingga dianggap tidak bisa dijadikan panutan anak-anak.

Monster

Monster karya Walter Dean Myers
Monster karya Walter Dean Myers

Buku karya Walter Dean Myers ini sebenarnya bagus untuk anak-anak yang telah menginjak usia remaja. Namun tidak demikian untuk anak-anak yang masih duduk di bangku taman kanan-kanak ataupun Sekolah Dasar. Sebab, di dalam buku ini menceritakan kisah homoseksual yang bisa dibilang cukup vulgar.

His Dark Materials

His Dark Materials dari Philip Pullman
His Dark Materials dari Philip Pullman

His Dark Material merupakan buku trilogi yang ditulis oleh Pullman, terdiri dari The Golden Compass, The Subtle Knife, and The Amber Spyglass. Buku ini tak baik untuk anak-anak karena memuat ajaran atheism atau tidak percaya kepada Tuhan. Lebih parahnya lagi, buku ini mengisahkan ‘kejahatan’ dan ‘keburukan’ Tuhan.

A Series of Unfortune Events

A Series of Unfortune Events dari Lemony Snicket
A Series of Unfortune Events dari Lemony Snicket

Buku ini menceritakan tentang perjuangan 3 saudara kandung di panti asuhan yang kemudian berakhir bahagia karena diadopsi oleh orang tua yang baik hati. Lalu kenapa buku ini tak baik untuk anak-anak? Ternyata, cerita masih berlanjut dengan dibunuhnya orang tua ketiga anak tersebut. Pesan keseluruhan yang bisa didapatkan dari buku ini adalah bagaimanapun Anda berusaha, musuh akan lebih kuat.

Bagaimana B’timers? Ternyata tak semua buku baik untuk anak-anak, ya. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu semua buku yang akan dihadiahkan untuk buah hati.

Share This Article