American Born Chinese: Novel Grafis tentang Kaum Minoritas Amerika | Breaktime
American Born Chinese: Novel Grafis tentang Kaum Minoritas Amerika
30.03.2015

“I should not have to prove my ethnicity to anyone. I know who I am.”

 -Christina Aguilera-

Pernahkah B’timers merasakan sendiri atau setidaknya membayangkan menjadi golongan minoritas Asia di daerah suburban Amerika? Ya, tinggal dan menetap di luar negeri memang menjadi kebanggan tersendiri khususnya bagi orang Asia, namun beradaptasi dan menjalani kehidupan di sana sebagai kaum minoritas tidak semudah yang dibayangkan.

Kisah tersebut dituangkan dalam sebuah graphic novel karya Gene Luen Yang. Finalis National Book Awards 2006 dengan kategori Young People’s Literature ini dirilis pertama kali oleh First Second Books. Berjudul “American Born Chinese”, buku ini tak hanya mengisahkan kehidupan seorang anak laki-laki keturunan Tiongkok di Amerika, tetapi juga menggabungkan cerita rakyat Tiongkok “Monkey King” dengan beragam stereotipe klasik khas Negeri Panda. 

Secara keseluruhan, buku ini menceritakan tentang kehidupan anak laki-laki keturunan Tiongkok asli bernama Jin Wang. Ia tinggal di daerah suburban Amerika dan bersekolah di sana. Jin yang masih menginjak bangku SMP mendapat tekanan dari teman-teman sekolahnya yang mengucilkan dia akibat benturan budaya. Ciri biologis yang khas membuatnya tak bisa menghindari perlakuan berbeda dari teman-temannya.

Kisah Jin memang bukan sebuah cerita yang dibalut kata-kata indah nan puitis, namun mengandung makna yang sangat dalam. Tak hanya itu, buku satu ini juga bisa menjadi sumber inspirasi dan penyulut semangat bagi B’timers. Luen Yang mengangkat kisah berdasarkan kenyataan yang sangat umum terjadi, sehingga Anda pasti akan terhanyut dalam kisah yang dikemas dengan penuh warna ini.

American Born Chinese juga menjadi buku favorit para guru Bahasa Inggris di Amerika. Tak hanya itu, buku hebat ini bahkan menyabet sejumlah penghargaan, di antaranya The Publishers Weekly Comics Week Best Comic of the Year dan Best Graphic Novel/Comic di situs Amazon. Desain warna graphic novel tersebut digarap oleh kartunis wanita berbakat Lark Pien yang memenangkan Harvey Award for Best Colorist 2007.

Share This Article