Ajari Anak Mencintai Buku | Breaktime
Ajari Anak Mencintai Buku
05.03.2015

“There are many little ways to enlarge your child’s world.  Love of books is the best of all.”

-Jacqueline Kennedy Onassis-

Bila Anda ingin membantu anak untuk meraih prestasi yang gemilang di sekolah maupun dalam karirnya ketika ia dewasa nanti, it is done through encourage them to be a reader and love reading. Namun, sebagai orang tua tentunya Anda pernah merasa terkadang susah untuk memotivasi anak membaca barisan kata. Mereka lebih tertarik untuk melihat buku bergambar atau film animasi menarik and the questions is how to make children enjoy reading?

Membacakan buku dongeng

Yap, membacakan cerita dongeng kepada anak secara rutin ternyata efektif untuk menumbuhkan rasa penasarannya pada buku. Rasa penasarannya inilah yang akan mendorong anak untuk belajar membaca dan mencontoh apa yang biasa Anda lakukan kepadanya.

Menyediakan banyak bahan bacaan

Pastikan Anda memiliki sumber bacaan menarik dengan berbagai tema dan konsep unik. If possible, make a small library in your home, even if it is just a couple of shelves! Biarkan anak menemukan buku dengan tema apakah yang paling menarik perhatiannya dan selalu dukung anak untuk mengembangkan kecintaannya pada buku.

Menjadikan membaca sebagai rutinitas

Tanamkan kepada anak Anda bahwa membaca adalah part of life. Biarkan anak melihat berbagai koleksi buku, majalah, dan koran di rumah. Ketika anak melihat bahwa membaca adalah aktivitas yang sangat penting bagi Anda, they are likely to imitate that it’s also important to them.

Nah, itulah tiga tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan minat baca anak pada berbagai buku. Anda juga bisa memberikan anak “reward reading” ketika mereka berhasil menghabiskan beberapa waktu dengan membaca. You can treat them an ice cream or watch a fun movie.

Share This Article