7 Tips Jitu Jadi Seorang Penulis Ala Stephen King | Breaktime
7 Tips Jitu Jadi Seorang Penulis Ala Stephen King
29.05.2015

Bagi yang  gemar menulis, tentu Anda punya kebiasaan dan metode sendiri. Well, whether it’s good or not – yet. Ya, harus diakui banyak penulis hebat yang karyanya diterbitkan dan menjadi bestselling. Namun, ada lebih banyak lagi penulis yang masih harus banyak belajar untuk bisa menghasilkan karya tulis yang benar-benar layak untuk dibaca. Setidaknya, demikian yang diungkapkan penulis bestselling fenomenal, Stephen King.

Nah, kali ini Breaktime bakal berbagi tips menulis dari Stephen King yang karya-karyanya sudah tersohor ke pelosok dunia. Penulis buku yang didominasi genre horor, fiksi ilmiah dan fantasi ini berbagi tips menjadi seorang penulis handal. Seperti apa? Ini dia.

Berhenti menonton televisi dan lebih banyak membaca

Jika Anda ingin menjadi seorang penulis handal, hal pertama yang harus “dibuang” adalah televisi yang sebenarnya bisa meracuni kreativitas menulis. Lihat ke dalam diri Anda dan carilah imajinasi di sana.

Bersiap gagal dan menerima kritikan

Apapun yang Anda tulis, akan ada orang yang mengkritik buruk tulisan itu. Tak jarang Anda pun ikut down. Don’t be! Perbaiki yangmemang perlu, tetaplah optimis dan lanjutkan menulis.

Atasi hal-hal yang paling sulit untuk ditulis

Semakin sulit sesuatu yang akan Anda tulis, gali lebih dalam tentang itu. Cari informasi sebanyak dan sedetail mungkin, agar Anda mendapatkan sumber yang lengkap dan valid untuk ditulis.

Saat menulis, putuskan hubungan dengan dunia luar

Menulis adalah kegiatan yang sangat intim. Anda bisa menaruh meja di sudut ruangan, hindarkan segala hal yang bisa mengalihkan perhatian. Tutup pintu, beri privasi penuh untuk diri Anda sendiri.

Menulis membutuhkan ketenangan di tempat yang juga nyaman
Menulis membutuhkan ketenangan di tempat yang juga nyaman

Gunakan bahasa yang sederhana dan enak dibaca

Tak perlu tata bahasa super baku atau bahkan mengarah ke kaku, gunakan bahasa formal yang sederhana saja, hindari memakai terlalu banyak istilah agar pembaca nyaman membaca tulisan Anda.

Ambil resiko, jangan bermain aman

King berkata rasa takut adalah awal dari tulisan yang buruk. Beranikan diri Anda dan tulis apapun yang Anda suka, entah itu membosankan atau sangat seru. Jika hasilnya tak memuaskan, maka perbaiki.

Menulis setiap hari

Saat sudah muncul ide untuk menulis sesuatu, selesaikan itu. Saat Anda gagal menulis secara berkelanjutan atau berhenti di tengah jalan, besar kemungkinan ide Anda ikut hilang dan menulis pun terhenti.

Nah, B’timers sudah siap menjadi penulis profesional yang handal? Good luck!



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide