5 Penulis Indonesia dengan Penghasilan Fantastis! | Breaktime
5 Penulis Indonesia Dengan Penghasilan Fantastis!
12.06.2015

B’timers, siapa bilang menjadi seorang penulis merupakan pekerjaan yang tidak menjanjikan? Sekarang ini telah bermunculan novelis yang akan membuka mata Anda bahwa menulis bisa dijadikan profesi yang menjanjikan. Inilah deretan penulis paling fenomenal dengan penghasilan luar biasa di Indonesia:

Andrea Hirata

Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun alias Andrea Hirata
Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun alias Andrea Hirata

Masih ingat dengan film Laskar Pelangi yang sempat menghebohkan dunia perfilman Indonesia beberapa waktu yang lalu? Ya, film tersebut merupakan adaptasi dari novel yang dikarang oleh Andrea Hirata dengan judul yang tidak diubah sedikitpun. Dari novel Laskar Pelangi yang ditulisnya tersebut, Andrea telah mengantongi keuntungan sebesar Rp 3,6 miliar, ditambah lagi novel tersebut direalisasikan ke layar lebar, semakin banyak pula pundi-pundi uang yang Andrea dapatkan. Amazing! 

Habiburrahman El Shirazy

Habiburrahman Saerozi atau yang biasa dipangggil Habiburrahman El Shirazy
Habiburrahman Saerozi atau yang biasa dipangggil Habiburrahman El Shirazy

Mengusung tema Islami, tidak menjadikan karya Habiburrahman dipandang sebelah mata. Malahan, karyanya menjadi best seller baik itu yang berbentuk mini novel ataupun juga novel. Pastinya B’timer masih ingat film yang dinantikan banyak orang dan mendapatkan respons yang luar biasa dari penonton yaitu Ayat-ayat Cinta yang mendulang kesuksesan. Dari novel Ayat-ayat Cinta saja, Habiburrahman telah berhasil menjual lebih dari 400 ribu eksemplar dengan total pendapatan yang diraup sebesar Rp. 2,4 Miliar, wow!

Dewi ‘Dee’ lestari

Dewi Lestari Simangunsong atau ‘Dee’ lestari
Dewi Lestari Simangunsong atau ‘Dee’ lestari

Cara unik Dee menceritakan sebuah kisah dalam bukunya membuat banyak orang krtagihan untuk membacanya. Sebut saja novel Rectoverso yang difilmkan beberapa saat yang lalu, ceritanya menguras emosi dan mengguggah pembaca seakan ikut dalam alurnya. Di novel Rectoverso sendiri, Dee juga menyelipkan beberapa puisi yang kemudian dibuat album solo dengan judul yang sama.  Dari sepaket novel, album, dan film Rectoverso ini saja, Dee telah mendapatkan Rp  1,5 miliar. 

Raditya Dika

Dika Angkasaputra Moerwani atau dikenal dengan Raditya Dika
Dika Angkasaputra Moerwani atau dikenal dengan Raditya Dika

Siapa yang tidak kenal dengan penulis muda berbakat dengan preastasinya yang luar biasa ini? Mengawali karirnya sebagai blogger, Radit telah sukses menelurkan beberapa karya yang diminati oleh masyarakat. Novel-novelnya antara lain, Kambing Jantan dan Marmut Merah Jambu, yang juga telah sukses difilmkan dengan Radit sebagai bintang utamanya. Dari beberapa buku yang dirilisnya, kurang lebih Radit telah mengantongi uang sebesar Rp 500 juta. 

Asma Nadia

Asmarani Rosalba merupakan nama asli dari Asma Nadia
Asmarani Rosalba merupakan nama asli dari Asma Nadia

Mengawali kiprahnya dalam dunia tulis menulis dengan mengirimkan beberapa cerpen karyanya, kini Asma Nadia masuk ke dalam jajaran penulis ngetop yang memiliki penghasilan ratusan juta. Melalui karya-karyanya, sebut saja Catatan Hati Seorang Istri, Asma Nadia memberikan motivasi kepada para pembacanya lewat kisah yang menginspirasi. Dari berbagai tulisan yang menjadi best seller dan juga beberapa karyanya yang difilmkan, ia mendapatkan untung sekitar Rp 300 juta.

BACA JUGA: Novel Jadul yang Melegenda Sampai Sekarang

Bagaimana B’timers, sudah terbukti kan, kalau menulis bisa membuat Anda terkenal sekaligus menghasilkan uang yang fantastis?

Share This Article