4 Langkah Membuat Sendiri E-Book PDF dan Mempromosikannya | Breaktime
4 Langkah Membuat Sendiri E-Book PDF dan Mempromosikannya
31.07.2015
“I love deadlines. I love the whooshing noise they make as they go .” – Douglas Adams

Mengikuti pesatnya perkembangan internet, kini kita tak perlu lagi membawa buku ke mana-mana untuk membacanya. E-book sudah tersedia lengkap bagi B’timers yang suka membaca. Namun, bagaimana kalau kita ingin membuat sendiri e-book yang berisi tulisan kita dan membagikannya pada banyak orang? Nah, Breaktime berikan langkah-langkah membuat e-book yang bagus dan layak untuk dibaca. Ini dia:

Melakukan riset terhadap pasar target

Ini merupakan langkah pertama yang paling penting. Tentukan siapa sasaran pembaca e-book Anda. Ini ibarat mencari seseorang bernama Mr. X di tengah keramaian. Maka dari itu, tanpa sasaran yang jelas, Anda akan “buta” dalam membuat e-book.

Ciptakan topik dan judul yang menggebrak

Buatlah topik dan judul yang unik dan kreatif. Akan lebih menarik jika Anda berbagi pengalaman pribadi, karena itu berarti Anda benar-benar mengalami kejadian yang Anda tulis dan ceritakan. Pilih judul yang spesifik karena memang lebih menarik, misalnya “Cara Mendapatkan $ 1.000 Per Bulan dari Blog.”

Tulis e-book dengan rapi, teliti dan indah

Anda bisa menggunakan Microsoft Word atau Open Office untuk menulis e-book. Tentukan dulu ending-nya, baru mulailah menulis dari awal. Perhatikan betul format penulisan dan ejaan yang disempurnakan (EYD) agar tulisan rapi.

Perhatikan format tulisan dengan teliti saat membuat e-book
Perhatikan format tulisan dengan teliti saat membuat e-book

Beri gambar berukuran pas yang sesuai dengan tema e-book. Gunakan jenis huruf yang simple, misalnya Verdana ukuran 11 atau 12, dengan warna hitam. Berikan e-book yang sudah selesai Anda tulis kepada ahli e-book proofread yang berani mengkritik pedas tulisan Anda agar hasil akhirnya benar-benar bagus. Lalu, buat cover e-book untuk digunakan pada situs Anda.

Convert jadi file PDF dan sebarkan di internet

Langkah terakhir ini merupakan momen lahirnya e-book baru Anda. Pertama Anda bisa mengubah format file-nya menjadi PDF, lalu Anda bisa membagikan e-book Anda secara gratis lewat e-mail sekaligus mencari subscriber untuk situs e-book Anda. Anda juga bisa mempromosikan e-book lewat berbagai media sosial.

Yang perlu diingat, tulisan yang bagus dan menarik bukanlah yang panjang atau menggunakan banyak istilah. Namun, tulisan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami dan tersusun dengan padat. So, take your time to create a good e-book to share, good luck!

Share This Article