3 Novel Jadul yang Melegenda Sampai Sekarang | Breaktime
3 Novel Jadul yang Melegenda Sampai Sekarang
16.08.2015

Mungkin sekarang ini, B’timers lebih mengenal novel-novel karangan Agatha Christie, J K Rowling atau para penulis sekaliber mereka yang karyanya dipasarkan dan laris manis di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa dulu ada 3 novel yang tak kalah popular?

Ketiga novel serial tersebut juga sudah diangkat dalam bentuk film, baik dalam layar lebar atau juga serial lepas. Apa saja ke-3 novel terkenal tersebut, berikut daftar dan ulasan singkatnya:

Lima Sekawan

Sekarang ini, novel Lima Sekawan sudah banyak beredar dalam bentuk eBook
Sekarang ini, novel Lima Sekawan sudah banyak beredar dalam bentuk eBook

Novel yang judul aslinya adalah The Famous Five ini merupakan karangan penulis asal Inggris bernama Enid Blyton. Pertama kali diterbitkan dan dipasarkan di negara Ratu Elizabeth tersebut pada tahun 1942 dengan serial pertama berjudul Five on a Treasure Island atau Lima Sekawan di Pulau Harta Karun.

Walaupun mendapatkan banyak pujian dan juga kritik, namun popularitasnya tak luntur bahkan berhasil dicetak dalam beberapa bahasa dan dipasarkan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Novel berjudul Lima Sekawan ini bercerita tentang sepang terjang 5 detektif cilik, Julian, Dick, Anne, George dan satu anjing bernama Timmy. Mereka berlima sering terlibat dalam pemecahan kasus-kasus menarik dan misterius.

Goosebumps

Desain covernya tidak mengadopsi model novel pada umumnya, melainkan seperti buku bacaan untuk remaja
Desain covernya tidak mengadopsi model novel pada umumnya, melainkan seperti buku bacaan untuk remaja

Bagi para pecinta novel bertemakan misteri dan horor, mungkin novel karangan penulis Amerika Serikat bernama R L Stine ini dapat dijadikan bacaan alternatif yang menarik. Di eranya, Goosebumps sudah terjual lebih dari 300 juta kopi dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Diterbitkan pertama kali pada tahun 1992, Goosebumps menjadi salah satu bacaan remaja yang populer hampir di seantero dunia. Karangan dan alur penceritaan Stine yang khas dengan ending tidak dapat ditebak bahkan menggantung, menjadikan Goosebumps semakin digemari. Berangkat dari cerita novel misteri dan horor, Goosebump juga dibuatkan versi film layar lebar, serial TV dan juga video gamesnya.

Lupus

Satu kebiasaan Lupus yang menjadi ciri khasnya adalah mengunyah permen karet
Satu kebiasaan Lupus yang menjadi ciri khasnya adalah mengunyah permen karet

Apabila dua novel di atas berasal dari luar negeri, maka novel karangan pria asal Jakarta bernama Hilman Hariwijaya ini adalah asli dari Indonesia. Lupus adalah bacaan yang sarat dengan humor cerdas dan khas Jakarta serta mencerminkan kehidupan sosial pada umumnya.

Dengan menggunakan bahasa-bahasa santai dan cenderung slengean, Hilman berhasil menyajikan satu bacaan segar ketika di era tahun 80-an belum ada buku sejenis ini. Diterbitkan mulai tahun 1986 dengan judul pertama, Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak, novel ini sangat populer dan digemari tidak hanya remaja saja, melainkan juga orang dewasa.

Adakah di antara novel tersebut yang masih jadi koleksi di lemari B’timers?

Share This Article