3 Buku Ini Jauh Lebih Baik Dibanding Versi Filmnya | Breaktime
3 Buku Ini Jauh Lebih Baik Dibanding Versi Filmnya
09.04.2015

Ketika usai menonton film dari bioskop, pertanyaan semacam ‘apakah film itu sebagus cerita aslinya’ kerap membuat orang menjadi penasaran. Namun, bila sebelum menonton film tersebut Anda telah terlebih dahulu membaca novelnya dan menemukan bahwa gambaran yang pernah terlintas dalam benak berbeda jauh dengan apa yang tersaji di dalam film, you’ll definitely say, “the book is much more better.”

Yap, buku memang memiliki kekuatan magis yang mampu membiarkan Anda melakukan imajinasi bebas dalam menggambarkan jalannya sebuah narasi. Maka sangatlah wajar bila B’timers terkadang merasa kecewa dengan film adaptasi yang dibuat, sekalipun berbagai efek animasi telah dihadirkan untuk memperkuat cerita.

Nah, berikut ini adalah beberapa karya sastra fenomenal yang keseruannya tak mampu terlukiskan secara sempurna dalam film adaptasinya:

The Lovely Bones

Novel best seller Alice Sebold
Novel best seller Alice Sebold

Novel Alice Sebold yang sempat menuai predikat sebagai surprise best-seller di New York ini sontak mengecewakan penggemarnya ketika dirilis oleh Peter Jackson ke dalam layar lebar di tahun 2009. Meski tidak sepenuhnya mengecewakan, bila dibandingkan dengan film garapan sebelumnya berjudul “Heavenly Creatures”, Jackson dinilai kurang maksimal dalam menggarap kisah dalam buku setebal 328 halaman ini lantaran salah memilih aktor untuk memerankan sosok ayah yang mengalami duka mendalam.

Wolverine: Origins

Karya spektakuler Daniel Way & Steve Dillon
Karya spektakuler Daniel Way & Steve Dillon

Anda yang gemar membaca komik pasti tak asing dengan karya Daniel Way dan Steve Dillon berjudul “Wolverine: Origins” yang pertama terbit di tahun 2006. Berbagai karakter seru pada buku setebal 128 halaman ini ternyata gagal dikemas apik dalam film besutan Gavin Hood berjudul “X-Men Origins: Wolverine yang tayang pada tahun 2009 silam.

The Da Vinci Code

Novel penuh kontroversi Dan Brown
Novel penuh kontroversi Dan Brown

Film yang dibintangi oleh Tom Hanks dan Audrey Tautou ini boleh saja membuat Anda terpana. Namun, jangan lupa bahwa ada berbagai percakapan penting dalam karya dan Brown setebal 490 halaman ini yang tidak dimasukkan ke dalam film. Padahal, percakapan tersebut memuat informasi yang sangat krusial.

Itulah 3 buku populer yang narasinya masih jauh lebih bagus dari film adaptasi yang dibuat. Meski bentuk film adaptasi ketiga buku tersebut tidak sepenuhnya mengecewakan, tapi B’timers akan merasa lebih terlibat secara emosional ketika membaca versi cetaknya.

Share This Article