Tradisi Natal di Belahan Dunia, No. 2 Pakai Pohon Pisang.
Author: Akhmad F

Tradisi Natal di Belahan Dunia, No. 2 Pakai Pohon Pisang.

Breaktime.co.id - Natal merupakan hari kelahiran Yesus yang selalu diperingati pada tanggal 25 Desember di Indonesia. Biasanya di Indonesia, Natal dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan bertukar hadiah. Namun ternyata banyak tradisi yang cukup aneh di belahan dunia untuk merayakan Natal.

1. Australia

Jika di negara bagian Barat Natal jatuh pada musim salju ini berbeda dengan di Australia kamu akan menemukan orang yang sedang berselancar, berjemur, dan berlarian dipantai karena perayaan Natal di negara ini jatuh pada musim panas, namun itu tak mematahkan semangat umat Kristiani di sana, mereka tetap menghias rumah dengan pohon Natal dan dekorasi-dekorasi Natal lainnya.

2. India

Pohon cemara memang identik dengan Natal, namun berbeda di India, umat Kristiani di sana tidak menggunkan pohon cemara tetapi menggunakan pohon mangga atau pohon pisang yang dihias dan juga mereka menghias rumah mereka dengan daun-daun mangga sebagai dekorasi hiasan Natal dan lampu minyak yang di letakan di atap rumah atau di atas dinding.

3. Iran

Jika umat Kristiani menjalankan masa puasa 6 minggu sebelum paskah, di Iran puasa juga dilakukan sebelum perayaan Natal. Mulai tanggal 1 Desember umat Kristiani di sana mulai berpuasa dan tidak memakan daging. Saat perayaan Natal tiba, mereka menggelar pesta dan menyediakan menu ayam yang disebut dengan harasa. Di sana juga tidak ada tradisi tukar kado seperti di Indonesia, namun anak-anak selalu mendapatkan kado dari orang tua mereka.

4. Jepang

Natal di Jepang sebagian besar sama dengan negara-negara bagian Barat mereka bertukar kado serta menghias rumah mereka dengan pohon Natal. Yang membuat unik adalah saat malam tahun baru seluruh anggota keluarga diwajibkan memakai pakaian terbaik mereka dan berdandan rapi. Dipimpin oleh sang ayah mereka berbaris dan mengililingi rumah, kemudian sang ayah melempar kacang kering ke setiap sudut rumah. Ritual seperti ini dipercaya oleh mereka untuk mengusir setan.

5. Yunani

Di Yunani pohon Natal bukanlah simbol saat Natal tiba, mereka mengunakan mangkuk dan salib kayu menjadi benda paling penting pada momen Natal, ditengah mangkuk terdapat daun kemangi yang dicelupkan ke dalam mangkuk yang berisi air agar daun tetap segar. Pagi harinya sang ibu akan memercikan seluruh ruangan rumah menggunakan daun kemangi. Tradisi ini dipercaya mereka dapat menjauhkan benda-benda dan roh jahat di rumah mereka.

6. Bethlehem

Perayaan Natal di kota kelahiran Yesus Kristus ini dilakukan sangat meriah. Hampir seluruh kota dihiasi dengan dekorasi Natal, terdapat juga sebuah bintang berukuran besar di alun-alun. Pada malam Natal, gereja penuh dengan para menduduk atau turis asing yang menyaksikan opera dan arak-arakan. Di setiap pintu rumah umat Kristiani memberikan tanda silang.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini