Ternyata Selama Ini Salah, Nggak Semua Bahan Makanan Itu Bersih Kalau Dicuci
Author: Akhmad F

Ternyata Selama Ini Salah, Nggak Semua Bahan Makanan Itu Bersih Kalau Dicuci

Brektime.co.id - Dari dulu yang kita tahu kalau bahan-bahanan makanan yang sudah dicuci bersih itu aman dikonsumsi. Tapi nggak semua bahan makanan yang habis dicuci itu bisa langsung dimakan dan bakterinya mati. Jangan kaget, ya. Ini dia bahan-bahan yang semestinya nggak perlu atau nggak cukup kalau hanya dicuci aja.

Ayam

Ternyata biar bakteri dan kuman pada daging Ayam biar hilang itu nggak dicuci, guys. Melainkan kamu perlu melakukan beberapa proses ini. Daging Ayam mentah itu rentan banget sama bakteri-bakteri, salah satunya Salmonella yang terkenal banget. Nah, kalau kamu cuma mencuci si daging Ayam dan langsung diolah jadi masakan, itu salah. Bakteri malah akan menyebar ke seluruh daging Ayam tersebut. Cara terbaiknya biar bakteri mati adalah dengan merebusnya sebanyak 2 tahap. Tahap pertama direbus dan tiriskan daging Ayam, kemudian buang air rebusannya. Setelah itu, rebus lagi dengan air bersih dan lakukan seperti tahap pertama. Baru deh bakterinya bisa hilang beneran.

Jamur

Bahan makanan satu ini emang agak rentan. Kalau selama ini kamu mencuci Jamur dengan cara merendamnya dengan lama itu salah. Jamur dibersihkan dengan dibilas sedikit aja, seperlunya, setelah itu langsung lap dengan tisu atau lap kering biar air di Jamur cepat meresap. Lakukan dengan cepat ya, karena Jamur sangat cepat layu.

Telur

Banyak yang mencuci Telur sebelum dimasak. Padahal cangkang Telur yang keras ini berguna untuk menangkal bakteri. Jadi ketika kamu cuci si Telur, maka kamu menghancurkan pertahanan terbaik dari si Telur.

Pasta

Kalau kamu mencuci Pasta sebelum dikonsumsi itu adalah tindakan yang salah. Cara yang benar adalah dengan mencucinya setelah Pasta selesai direbus. Hal ini dimaksud agar kuman dan bakteri yang menempel di Pasta bisa hilang saat kamu merebusnya tadi. Jadi tinggal bilas aja setelah itu siap dimasak.

Hayo, jadi selama ini jangan salah kaprah ya, guys. Banyak-banyak cari tahu informasi biar ilmunya banyak. Selamat mencoba!

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini