Suka Ngerasa Susah Tidur di Tempat Baru Ternyata Ini Alasannya
Author: Akhmad F

Suka Ngerasa Susah Tidur di Tempat Baru Ternyata Ini Alasannya

Breaktime.co.id - Kamu pernah gak ngerasain susah tidur saat berada di tempat baru atau tempat asing? Gak cuma kamu, sebagian besar juga mengalaminya.

Keadaan susah tidur saat berada di tempat baru atau asing ini dinamakan First Night Effect (FNE) atau bisa juga diartikan dengan Efek Malam Pertama. Karena tidur di tempat yang gak biasanya kita tidur, kita akan merasa asing dan harus beradaptasi dulu dengan lingkungan baru.

Otak kiri kita akan tetap aktif dan setengah tidur saat kita tidur di tempat baru. Itulah sebabnya kita lebih mudah terbangun saat mendengar suara asing di tempat baru.

Nah, keadaan susah tidur saat berada di tempat baru ini sebenarnya juga akan membuat tubuh jadi kurang fit. Sampai sekarang pun para ilmuwan belum menemukan cara untuk mengatasinya. Tapi, jangan cemas, karena keadaan ini dialami oleh sebagian besar manusi kok.

Selain manusia, hewan yang hidup di alam liar juga bisa mengalami susah tidur saat berada di tempat baru, loh. Lumba-lumba dan paus yang terseret arus juga akan mengalami susah tidur dan sebagian otak mereka tetap bekerja karena insting mereka untuk menghindari pemangsa atau hal lain di tempat barunya.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini