Sisa Penjajahan Dulu, Bangunan Ini Masih Berdiri Kokoh
Author: Akhmad F

Sisa Penjajahan Dulu, Bangunan Ini Masih Berdiri Kokoh

Breaktime.co.id - Penjajahan Belanda yang begitu lama di Indonesia meninggalkan beberapa ”Warisan” yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan warisan tersebut adalah gedung-gedung yang terkenal akan arsitektur dan ketahanannya melawan cuaca dan umur. Beberapa di antaranya cukup terkenal dan menjadi Landmark di daerah dan kotanya. Ini dia beberapa bangunan peninggalan Belanda di Indonesia yang terkenal dan menjadi objek pariwisata yang selalu ramai dikunjungi para turis.

Lawang Sewu

Gedung yang dulunya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS ini, tergolong unik, karena memiliki pintu dan jendela yang sangat banyak. Saking banyaknya sampai dinamakan Lawang Sewu yang memiliki arti Seribu Pintu. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 dan selesai 3 tahun setelahnya.

Villa Isola

Bangunan ini adalah rumah yang dimiliki oleh jutawan Bandung pada masanya bernama Dominique Willem Berretty. Tapi sekarang, bangunan ini tidak lagi berfungsi sebagai rumah. Uiversitas Pendidikan Indonesia atau UPI sekarang adalah pemiliki dari gedung ini dan namanya pun diubah menjadi Bumi Siliwangi.

Gedung London Sumatera

Walau bukan milik Belanda, dahulunya melainkan milik dari importir teh asal Inggris, Harrison and Crossfield Company. Setelahnya, gedung ini berfungsi sebagai kantor pusat perdagangan dan perkebunan. Sejak saat itulah namanya diubah menjadi Juliana Building dan dijual. Oia, gedung ini berada di Jalan Kesawen kota Medan.

Stadhuis Batavia

Gedung yang sekarang bernama Museum Fatahillah ini dulunya bernama Stadhuis yang artinya adalah balai kota. Gedung ini dibuat pada tahun 1707 dan selesai 1710. Dulunya, tepat di depan pintu masuk Stadhuis, sering diadakan eksekusi bagi pribumi yang melawan dan dianggap kriminal bagi pemerintahan Belanda.

Kalau di daerah kamu ada bangunan bersejarah apa nih, guys?

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini