Sate Khas Nusantara yang Wajib Kamu Cobain
Author: Akhmad F

Sate Khas Nusantara yang Wajib Kamu Cobain

Breaktime.co.id - Kalau ngomongi tentang kuliner di Indonesia emang ngak ada habisnya, Beberapa hidangan asal Indonesia sudah banyak yang mendunia loh karena cita rasa dan keunikan makanan tersebut salah satunya sate. Ternyata sate di Indonesia memiliki banyak ragamnya, berikut bebrapa sate yang bisa kamu temuin di Indonesia.

1. Sate Padang

Sate yang banyak kita jumpai ini berbahan dasar lidah atau jeroan sapi yang direndam dengan beberapa bumbu agar empuk lalu dibakar, saus sate Padang juga memiliki ciri yang unik yaitu kuning kental dan memiliki rasa yang cenderung pedas, jadi hati-hati ya buat kalian yang ngak begitu suka pedas.

2. Sate Lilit

Bali juga memiliki makanan khas sate lohh, Yap! Sate lilit sate dengan bentuk menggumpal ini berbahan dasar ikan tuna yang dihancurkan, dibumbui, diolah menjadi adonan sate, ditusuk, lalu dibakar. Sate lilit disajikan tanpa bumbu tambahan. Belakangan ini juga ada pedagang sate lilit yang menyediakan sate lilit dengan bahan daging ayam atau daging babi, bukan ikan. Kalau kalian ke Bali jangan lupa makan sate lilit yaa.

3. Sate Madura

Ini dia sate yang sangat populer sate Madura, berbahan dasar daging kambing atau ayam yang dipotong berbentuk dadu biasanya bagian lemak disisipkan di engah tusukan. Sate ayam bisa disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis yang diirisi bawang merah segar kalau sate kambing cukup dengan kecap manis dan irisan bawang merah. Sate Madura bisa dinikmati dengan lontong atau nasi putih.

4. Sate Ponorogo

Sate dengan bentuk yang memanjang ini berbahan dasar daging ayam tanpa kulit dan lemak, sebeum dibakar sate ini direndam dulu ke dalam bumbu kecap, jadi dimakan tanpa bumbu kacang atau kecap manis pun sate Ponorogo sudah enak. Pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sate asal Kota Reog ini sering disajikan dalam berbagai asara resmi di Istana Negara lohh.

5. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate yang banyak dijual di daerah sekitar Purwakarta, Cianjur, dan Bandung. Sate maranggi sama dengan sate pada umumnya yang berbahan dasar daging kambing atau sapi, yang membedakan adalah sate ini tidak memakai bumbu kacang atau kecap manis, sate maranggi cukup dimakan begitu saja dengan nasi atau lontong.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini