Negara-Negara Ini Berdiri di Ambang Kebangkrutan Ekonomi. Indonesia Masih Bisa Sedikit Lega.
Author: Akhmad F

Negara-Negara Ini Berdiri di Ambang Kebangkrutan Ekonomi. Indonesia Masih Bisa Sedikit Lega.

Breaktime.co.id - Seperti yang sering kita lihat di berita, kalau tahun 2018 ini ekonomi dunia sedang merosot tajam. Banyak negara-negara yang akhirnya kesulitan karena efek dari ekonomi dunia. Saking bangkrutnya, kamu bisa geleng-geleng kepala karena semua harga naiknya jadi se-langit! Negara apa aja sih? Ini dia negara-negara yang terancam bangkrut.

Turki

Mata uang turki sedang merosot sejak tahun 2014 lalu sebanyak 3 kali Dollar Amerika. Karena hal ini, Erdogan, Presiden Turki, sampai menuding Donald Trump sebagai biang keladinya. Pasalnya kebijakan harga Ekspor yang murah dan Impor yang mahal membuat Turki makin diguncang krisis ekonomi. Hal ini sampai membuat China berhasil mengakuisisi beberapa aset mereka agar defisit tidak begitu membengkak.

Venezuela

Pasti kamu tahu tentang berita krisis ekonomi Venezuela yang cukup parah menerpa negara tersebut. Pada 2016 lalu presiden Venezuela, Nicolas Maduro menetapkan negaranya berada dalam Darurat Ekonomi. Nilai inflasi negara tersebut bahkan mencapai 13.000 Persen. Bahkan kamu memerlukan gerobak sendiri untuk membawa uang kamu yang nantinya digunakan untuk memberli sebutir telur.

Mozambik

Negara yang terletak di benua Amerika ini memiliki kekayaan alam yang sangat luas. Bahkan ekonomi negara tersebut bergantung pada pertanian yang sangat melimpah. Namun di sektor lain, negara ini mengalami keterpurukan. Sebut saja sektor industri makanan dan obat-obatan. Hal tersebut yang membuat negara ini akhirnya gagal memenuhi hutang dan akhirnya terus menumpuk. Sampai pada tahun 2017, negara ini mengalami inflasi sebesar 23,67%.

Malaysia

Negara tetangga kita ini sebenarnya telah dinyatakan Akan Bangkrut pada tahun 2018 ini. Namun hal tersebut sepertinya gagal karena para masyarakatnya yang membuat gerakan “Pelunasan Hutang Negara”. Krisis ekonomi ini muncul karena hutang negara dari Perdana Menteri Najib Razak yang terkena kasus mega korupsi 1MDB. 1MDB sendiri adalah BUMN yang mengumpulkan hasil pemasukan dari infrastruktur.

Dari negara-negara tersebut, pembelajaran yang bisa kamu ambil adalah, rasa syukur di Indonesia masih belum terjadi. Semoga negara kita masih kuat menahan terpaan bada krisis ekonomi ini. Dan semoga kalian masih bisa terus berkarya.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini