Lacak Bencana Gempa dan Tsunami dengan 5 Aplikasi Ini, Bermanfaat Banget
Author: Akhmad F

Lacak Bencana Gempa dan Tsunami dengan 5 Aplikasi Ini, Bermanfaat Banget

Breaktime.co.id - Bencana atau musibah di bumi bisa terjadi kapan saja, bahkan kadang tanpa peringatan sebelumnya, seperti bencana gempa dan tsunami. Tapi, bukan berarti kita gak bisa waspada dan menghindari, karena zaman sekarang ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi bencana gempa dan memberikan informasi penting seputar bencana gempa yang terjadi di bumi. Yuk langsung simak apa aja aplikasi yang bermanfaat dan bisa ngasih info pentinng tentang bencana.

1. Aplikasi Info BMKG

BMKG secara resmi merilis aplikasi 'Info BMKG' yang menyediakan banyak fitur yang membantu mengenai bencana dan cuaca. Aplikasi ini menyediakan fitur notifikasi gempa bumi, peringatan dini tentang cuaca, dan info aktual dari BMKG. Gempa yang bermagnitudo di atas 5 skala richter akan muncul notifikasi peringatan dan dilengkapi pula dengan jarak epicentrum ke lokasi penggunan. BMKG juga merekomendasikan pengaturan lokasi dengan mode High Accuracy untuk info lebih akurat yang kamu dapatkan. Aplikasi ini juga bisa diunduh untuk penggunan Android mau pun iOS.

2. Disaster Alert

Aplikasi ini adalah aplikasi pelacak peta banyak bencana, bukan hanya gempa bumi, tapi juga bisa melacak tempat terjadinya tsunami, gunung meletus, longsor, banjir, gunung meletus, dan bahkan kebakaran hutan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pasific Disaster Centre (PDC) di Hawaii.Gak cuma itu, aplikasi ini juga bisa melacak persebaran virus juga loh. Pengguna Android dan iOS sudah bisa mengunduhnya untuk mendapatkan notifikasi bencana berdasarkan GPS lewat aplikasi ini.

3. QuakeFeed Earthquake Map, News, and Alerts

Aplikasi ini bisa mendeteksi gempa yang bermagnitudo 1,0 di Amerika Serikat dan 4,5 skala richter di negara lain. Aplikasi ini akan memberikan info tentang gempa yang terjadi di suatu tempat dan kamu juga bisa melacak daftar bencana gempa yang terjadi. Aplikasi ini bisa diunduh oleh pengguna iOS secara gratis.

4. Safety Tips

Selain Indonesia, Jepang juga merupakan negara yang sering mengalami gempa. Aplikasi ini dirancang oleh lembaga pariwisata Jepang untuk para turis yang sedang berkunjung ke Jepang. Para turis bisa mengetahui informasi tentang gempa yang sedang terjadi di Jepang dengan aplikasi ini. Karena dirancang untuk turis, aplikasi ini menyediakan tiga bahasa lain selain bahasa Jepang yaitu bahasa Mandarin, Korea, dan Inggris. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOs. 5. QuakeAlert Aplikasi ini diklaim bisa memberikan info gempa yang akan datang hingga 20 detik sebelum gempa terjadi. Selain notifikasi peringatan bencana gempa, aplikasi ini juga menyediakan petunjuk keselaamatan gempa yang bisa dilakukan saat gempa terjadi. Aplikasi ini baru dalam tahap uji coba oleh Early Warning Labs dan untuk sementara baru bisa digunakan dalam format beta di Amerika.

Itu dia lima aplikasi yang bisa memberikan informasi mengenai gempa dan bencana lain yang ada di bumi dan sekitar kita. Aplikasi-aplikasi ini tentunya dibuat untuk membantu kita dalam menghadapi bencana, jadi termasuk aplikasi yang berfaedah untuk diunduh nih guys!

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini