Kuliner Rujak di Indonesia Punya Banyak Macamnya, Ada Apa Aja
Author: Akhmad F

Kuliner Rujak di Indonesia Punya Banyak Macamnya, Ada Apa Aja

Breaktime.co.id - Siapa tak suka rujak? eits, tapi menurut kamu, definisi rujak itu yang seperti apa? Pada umumnya, rujak dikenal sebagai kuliner yang berupa buah-buahan dengan sambal kacang, kan? Ternyata, Rujak di Indonesia punya banyak macamnya loh! Ini dia ulasannya.

1. Rujak Potong

Rujak ini adalah jenis rujak yang umumnya kita kenal. Berupa potongan berbagai jenis buah seperti nanas, kedondong, mangga, belimbing, dan lain-lain dipotong dengan potongan agak besar dan dicocol dengan sambal yang terbuat dari kacang, gula merah, cabai, dan garam.

2. Rujak Serut

Rujak serut ini penyajiannya agak berbeda dari rujak potong. Buah pada rujak serut sama seperti namanya yaitu diserut. Buah-buahan yang sudah diserut tipis-tipis akan dicampur dengan sambal kacang manis pedas yang bakal bikin kamu ngiler.

3. Rujak Bebeg

Bentuknya agak mirip dengan rujak serut, tapi rujak bebeg ini berupa buah-buahan yang ditumbuk. Rujak bebeg berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Karena buah ditumbuk, maka rujak ini bertektur lembut.

4. Rujak Es Krim

Rujak satu ini bisa ditebak dari namanya adalah rujak yang dicampur dengan es krim. Rujak es krim populer di Yogyakarta. Rujak es krim cocok banget dinikmati di cuaca yang panas dan terik, pasti bikin seger lagi!

5. Rujak Kuah

pindang Rujak satu ini berasal dari Bali. Rujak ini punya isian dan cara yang sama seperti rujak potong, yaitu buah yang dipotong besar-besar. Yang bikin beda adalah kuahnya yang berupa kuah pindang yang terbuat dari ikan, cabai merah, cabai rawit, gula Jawa, terasi, dan garam. Hmmm, aroma ikan yang ada di rujak ini pasti ninggalin kesan yang unik ya?

6. Rujak Cingur

Rujak satu ini gak pake buah-buahan, melainkan sayur-sayuran, moncong sapi, dan sambal petis. Rujak cingur berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

7. Rujak Soto

Di daerah Banyuwangi, rujak soto ini berasal. Rujak soto berisi rujak cingur yang disiram dengan soto daging atau soto babat. Hmm disantap panas-panas pasti nikmat banget. 8. Rujak mie Rujak mie berasal dari Palembang. Rujak ini berisi mie kuning, bihun, tahu, tauge, pempek, dan potongan timun yang disiram dengan kuah cuko yang lezat.

Wah, menggiurkan banget nih. Banyak juga ya macam rujak di Indonesia. Rujak apa yang jadi favoritmu?

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini