Kota di Indonesia Ini Berasal dari Bahasa Belanda
Author: Akhmad F

Kota di Indonesia Ini Berasal dari Bahasa Belanda

Breaktime.co.id - Dijajah Belanda, nggak menutup warisannya tetap menurun pada bangsa ini. Mulai dari makanan, bangunan, hingga nama kota pun berasal dari Belanda. Mungkin terkesan keren membuat nama-nama yang diambil dari Bahasa Belanda ini tetap melekat hingga sekarang.

Bukit Tinggi

Salah satu kota yang berhawa dingin di Sumatera Barat ini lokasinya sangat strategis. Apalagi dari dulu hingga sekarang terkenal dengan perekonomian perdagangannya. Bahkan banyak perantau yang berasal dari Bukit Tinggi ini. Lokasinya yang dekat dengan Samudera Hindia, menjadikan kota ini menjadi persinggahan. Hal ini juga yang jadi salah satu alasan pemerintahan Belanda zaman dulu memberikan nama Belanda kota Bukit Tinggi ini, yaitu Fort de Kock. Nama tersebut juga dipakai untuk sebuah benteng di sana, hingga sekarang.

Batavia

Atau lebih dikenal namanya sekarang menjadi Jakarta, kota ini diberi nama Batavia pada masa pemerintahan Belanda. Sempat berganti-ganti nama hingga akhirnya menjadi Jakarta seperti sekarang. Nama Batavia sendiri diambil dari nama nenek moyang Belanda, suku Batafs. Pada masa kolonial dulu pun, kota ini menjadi pusat pemerintahan yang sungguh strategis selama Belanda menjajah di Indonesia.

Ambarawa

Ambarawa mengingatkan kita akan sejarah. Peristiwa besar antara pribumi melawan sekutu. Jendral Sudirman dengan gagah berani memimpin pasukannya untuk melawan Belanda. Namun pada masa itu, Ambarawa bernama Fort Willem I dan menjadi nama benteng Belanda di kota tersebut.

Masih banyak lagi nama kota-kota lain yang dipakai dengan nama Belanda. Kalau kamu lebih bangga dengan nama Indonesia sekarang, atau nama asing nih, guys?

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini