Jangan Terlalu Mengandalkan Alat Pendeteksi Tsunami, Ini dia yang Kamu Lakukan Saat Tsunami Datang
Author: Akhmad F

Jangan Terlalu Mengandalkan Alat Pendeteksi Tsunami, Ini dia yang Kamu Lakukan Saat Tsunami Datang

Breaktime.co.id - Nggak ada yang mau kena bencana atau musibah. Tapi bencana atau musibah bisa datang kapan pun dan di mana pun kamu berada tanpa kompromi. Lalu apa yang bisa kamu lakukan kalau benacana datang, seperti Tsunami? Pasrah atau terus berjuang untuk hidup? Ini dia yang seharusnya kamu lakukan. Jangan terlalu bergantung pada pendeteksi bencana, ya. Karena bisa aja pas bencana datang alat tersebut tidak berfungsi.

Tsunami biasanya diawali dengan gempa besar lebih dari 1 menit disertai bunyi gemuruh

Tidak ada yang tiba-tiba terjadi, contohnya Tsunami. Tsunami biasanya datang dengan memberikan tanda dengan Gempa yang besar. Caranya tahu Gempa itu besar atau tidak dari getarannya yang membuat kamu susah berdiri. Waspadai juga suara-suara gemuruh seperti Pesawat dan kalau air laut mendadak surut, bisa dipastikan kalau Tsunami bisa datang menerjang.

Selamatkan diri dengan bijak

Nggak mungkin deh kalau bencana udah datang kamu nggak bakalan panik. Tapi kamu tetap harus berusaha untuk menguasai diri dan berpikir panjang. Usai Gempa, kamu bisa cari tempat yang lebih tinggi. Pentingkan diri sendiri dan orang-orang terdekat ketimbang barang kamu. Syukur-syukur ada beberapa yang bisa dibawa, sisanya simpan dengan baik saja di rumah.

Tsunami datang, kuasai diri dan perhatikan sekitar dengan baik

Kalau Tsunami datang dan mau tidak mau kamu hanyut, lekas cari benda mengapung yang bisa dijadikan alat pertolongan pertama agar kamu nggak tenggelam karena lelah dan panik. Tenang, banyak berdoa dan perhatikan sekitar kamu untuk mencari tempat yang tinggi yang bisa kamu singgahi.

Bertahan di pengungsian

Apapun yang terjadi, pengungsian adalah tempat terbaik kamu. Jangan pulang dulu, walaupun rumah kamu masih bisa digunakan untuk tinggal. Siapa tahu akses ke sana masih tidak memungkinkan dan di pengungsian kamu bisa lebih mendapatkan perawatan terbaik atau malah bisa membantu yang lain.

Jaga diri sendiri dan jangan sampai menyusahkan orang lain kalau kamu masih bisa berusaha sendiri. Karena dengan banyak menolong, kamu bisa mendapatkan pahala berlipat.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini