Jajan Pasar Tradisional Ini Makin Sedap Karena Dibungkus dengan Daun Pisang, Mana Kue Favoritmu
Author: Akhmad F

Jajan Pasar Tradisional Ini Makin Sedap Karena Dibungkus dengan Daun Pisang, Mana Kue Favoritmu

Breaktime.co.id - Kue-kue tradisional Nusantara punya cita rasa yang gak kalah enak dan lezat dari kue internasional. Apalagi kue jajanan pasar ini identik dengan bungkus daun pisang. Selain lebih berasa Indonesia, daun pisang juga membuat cita rasa kue ini makin sedap dan punya ciri khas. Ini dia kue-kue jajan pasar yang pake daun pisang sebagai bungkusnya:

1. Kue Nagasari

Kue manis satu ini pastinya punya banyak penyukanya. Buah pisang akan menyatu dengan tepung beras, sagu, dan gula serta balutan daun pisang. Kue Nagasari ini asalnya dari Jepara. Kamu akan sering menemukannya di acara hajatan tetangga, betul?

2. Kue Bugis

Kue satu ini juga punya rasa yang manis. Rasa manis ini terbuat dari campuran antara parutan kelapa dan gula merah. Adonannya menggunakan tepung beras dan biasanya diberi warna hijau dari daun pandan atau pewarna makanan dan kemudian diisi dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah. Pastinya seperti namanya, kue ini juga berasal dari suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Carang Gesing atau Bongko

Kue ini juga berbahan dasar pisang. Pisang kemudian dicampur dengan santan dan dikukus dengan daun pisang. Rasa pisang, santan, dan aroma daun pisang yang sedap gak bisa ditolak dan bikin ngiler. Kue pisang satu ini berasal dari kota Solo, Jawa Tengah.

4. Lemet Singkong

Singkong yang sudah dihaluskan dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa dan kemudian dikukus. Kue dengan rasa manis ini sangat mengenyangkan karena berbahan dasar singkong.

5. Kue Lemper

Kue satu ini sepertinya masih sangat familiar ya? Kue ini terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diisi dengan suwiran ayam atau kadang menggunakan abon ayam. Udah gak perlu makan lagi, karena nyemil kue ini bisa bikin kenyang.

6. Arem-arem

Ini adalah kue dengan rasa gurih yang menggiurkan. Terbuat dari beras dan di dalamnya berisi bermacam-macam sayur seperti kentang, wortel, dan lain-lain serta tidak lupa juga ada daging dengan rasa gurih pedas yang makin melengkapi.

7. Lalampa

Kue ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Dengan bentuk lonjong memanjang, kue ini agak mirip seperti lemper. Bedanya, kue ini bukan berisikan ayam, tetapi ikan tongkol. Hmm, menarik, ya?

8. Kue Bongko Mento

Bongko satu ini punya rasa gurih. Terbuat dari tepung terigu dengan isian daging cincang yang gurih dan sedikit pedas, tak lupa juga disiram dengan santan kentan dan dibungkus daun pisang. Kue ini berasal dari Madura.

9. Kue Bongko Mutiara

Kue satu ini punya warna yang menarik karena terbuat dari sagu mutiara yang dicampur dengan parutan kelapan dan juga gula. Rasanya manis dan kenyal, udah pernah coba?

Itu dia jajanan pasar tradisional yang menggugah selera dengan balutan daun pisang sebagai bungkusnya. Kue apa yang jadi kesukaanmu dan selalu kamu kangenin?

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini