Ini Dia Tips Ampuh Memperpanjang Usia Baterai Smartphone
Author: Akhmad F

Ini Dia Tips Ampuh Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Breaktime.co.id - Rata-rata hampir seluruh masyarakat Indonesia memilki Smartphone untuk mempermudah melakukan kagiatan sehar-hari. Smartphone memiliki fungsi yang banyak seperti, melakukan browsing internet, merekam video yang panjang, sampai bermain game. Saat menggunakan smartphone seringkali kita mengalami kehabisan daya atau baterai yang membuat smartphone kita tidak bisa digunakan. Dampak pengunaan yang berlebihan membuat usia baterai smartphone menjadi pendek. Berikut beberapa cara memperpanjang usia baterai smartphone dan hal-hal yang dapat menghemat penggunaan baterai.

1. Hindari Mode Getar

Mengaktifkan mode getar memang pilihan yang baik saat ingin tetap mendapatkan notifikasi tanpa berisik dan mengganggu orang lain, namun ternyata mode getar justru membutuhkan daya yang besar untuk menggetarkan mode vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja ekstra.

2. Jangan Charge Baterai Semalaman

Meski fitur auto cut-off sudah banyak beredar pada smartphone tapi sangat tidak disarankan untuk mengisi ulang atau charge baterai smartphone semalaman, karena itu dapat memicu overheat pada permukaan smartphone dan membuat baterai smartphone lebih cepat rusak.

3. Batasi Penggunaan Lokasi

Terus-menerus mengaktifkan fitur lokasi dapat berpotensi mempercepat habisnya baterai. Untuk menghemat baterai dan memperpanjang usia baterai selalu matikan fitur lokasi saat tidak digunakan.

4. Hindari Smartphone dari Tempat yang Panas

Permukaan yang panas dapat memicu suhu baterai dari smartphone yang diletakan diatasnya menjadi meningkat, hal ini akan membuat sel-sel baterai smartphone menjadi bermasalah dan rusak. Sebaiknya perhatikan sekitar sebelum meletakan smartphone.

5. Meminimalkan Kontras Layar

Pengaturan kontras layar yang cukup tinggi pada smartphone dapat mengurai daya baterai. Batasi kontras layar pada ukuran yang ideal, jika tidak digunakan sebaiknya pengaturan kontras layar dimimalkan.

6. Gunakan Wallpaper Solid atau Statis

Penggunaan wallpaper yang memiliki beraneka gambar memang terlihat membuat smartphone menjadi keren, namun ternyata hal itu malah membuat baterai smartphone cepat habis. Sebaiknya gunakan wallpapaer statis atau solid saja yang dapat menghemat penggunaan baterai smartphone.

7. Matikan Notifikasi

Koneksi internet yang dibutuhkan untuk mendapatkan notifikasi memerlukan baterai yang cukup besar, dengan mematikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang dianggap tidak terlalu penting dapat meghemat daya baterai. Dapat juga menghilangkan kecanduan smartphone.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini