Ini Dia Makanan-Makanan yang Selalu Ada Dalam Acara Ulang Tahun di Beberapa Negara
Author: Akhmad F

Ini Dia Makanan-Makanan yang Selalu Ada Dalam Acara Ulang Tahun di Beberapa Negara

Breaktime.co.id - Momen ulang tahun di tiap tahunnya pasti punya momen-momen yang nggak terlupakan. Entah itu dari segi acara, orang-orangnya, bentuk kejutannya ataupun makanan di ulang tahun yang selalu ada atau baru pernah ada dalam perayaan ulang tahun kamu. Kayak di beberapa negara ini identik dengan makanan berikut pas lagi ada acara ulang tahun.

Australia – Fairy Bread

Dari bentuknya sih biasa banget, ya. Semacam roti tawar panggang yang dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian diolesi mentega terbaik dan setelahnya ditaburi butiran-butiran warna-warni yang rasanya manis. Biarpun sajian ini sungguh sederhana, tapi makna mendalam yang terkandung dalam makanan ini sungguh mengingatkan kita akan berbagai hal. Roti panggang yang berarti kerja keras untuk hidup yang lebih baik, butiran-butiran warna-warni yang merupakan representasi doa untuk hasil yang terbaik.

Rusia – Fruit Pie

Lain lagi di Rusia. Negara yang memiliki musim dingin cukup panjang ini sangat mencintai musim panas. Musim panas menurut bangsa mereka merupakan pertanda dan harapan baik. Jadi nggak heran di musim panas berbagai momen indah dirayakan, misalnya ya ulang tahun. Di negeri ini, saat ulang tahun biasanya akan dihidangkan Pie Buah untuk menu utama dengan isian buah segar yang menjadi lambing keberkahan dan kebaikan di setiap tahun.

Ghana - Birthday Breakfast

Negara Ghana juga punya acara unik untuk menyambut mengulangnya hari lahir setiap orang. Perayaan biasanya diadakan pagi hari sebelum mereka melakukan berbagai aktivitas. Mereka menyediakan sarapan spesial dengan berbagai hidangan lezat yang nggak biasa disantap setiap harinya. Nggak lupa menu wajib yang selalu ada, yaitu Telur Rebus dan Yam (jenis umbi-umbian) yang ditumbuk. 2 menu utama tersebut adalah lambing dari harapan dan kelancaran rezeki.

Korea Selatan – Miyeokguk

Kental akan budaya K-Pop yang begitu moderen, untuk perayaan ulang tahun, mereka tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya tradisional. Mereka biasanya akan bersama-sama menyantap hidangan Miyeokguk, jenis sup yang terbuat dari rumput laut sebagai tanda kelancaran rezeki dan diisi dengan Kerang ataupun Jamur.

Nasi Tumpeng

Terakhir, datang dari tanah air kita sendiri, Indonesia. Apalagi kalau bukan Nasi Tumpeng. Tapi tahu nggak kamu makna Nasi Tumpeng itu sendiri? Kenapa berbentuk kerucut dan diisi dengan banyak isian? Dalam bahasa Jawa, Tumpeng berarti “yen meTU kudu meMPENG” yang artinya ketika keluar haruslah sungguh-sungguh semangat. Maka dari itu, bentuk Nasi Tumpeng harus mengerucut ke atas, mengusung konsep ketuhanan, harapan akan hidup yang semakin sejahtera.

Biarpun menunya beragam dan sederhana, maknanya tetap satu, yaitu harapan untuk hidup yang lebih baik lagi, ya. Selamat ulang tahun untuk kamu yang merayakannya hari ini, ya.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini