Ini Dia Kota yang Ditinggalkan Penduduknya, Bahkan Ada yang Dihapus dari Peta, Hmm, Kok Bisa
Author: Akhmad F

Ini Dia Kota yang Ditinggalkan Penduduknya, Bahkan Ada yang Dihapus dari Peta, Hmm, Kok Bisa

Breaktime.co.id - Saking banyaknya kota yang ada di dunia ini, pastinya kita gak bisa tau semua peristiwa yang terjadi di setiap kota. Salah satunya seperti ini, ada beberapa kota karena alasan tertentu jadi ditinggalkan oleh penduduknya dan bahkan ada yang sampai dihapus keberadaannya dari peta. Hmm, kok bisa?

1. Centralia, Amerika Serikat

Terjadi kebakaran di kota ini yang sudah berlangsung selama 50 tahun dan masih akan terus terjadi hingga 250 tahun mendatang. Kebakaran ini dimulai sejak tahun 1962 yang berawal dari percikan api dari pembakaran sampah dan membakar cadangan batu bara di bawah kota Centralia. Tak hanya karena kebakaran, tapi juga karena tingginya kandungan karbon monoksida dan runtuhnya tanah semakin membuat penduduk di sana ingin segera pergi. Walau pun sudah diberikan tempat tinggal yang lebih aman oleh pemerintah, penduduk kota memilih pergi meninggalkan kota sehingga kota ini sekarang hanya ditinggali oleh segelintir orang.

2. Hashima, Jepang

Penduduk yang menempati pulau Hashima ini awalnya adalah para pekerja tambang batu bara lepas pantai Jepang pada tahun 1887. Mereka menetap bersama keluarga dan menjadikan pulau ini sebagai tempat tinggal permanen mereka hingga akhirnya pulau ini punya 5.000 penduduk yang tinggal. Semua fasilitas kota juga terbilang lengkap.Tapi, karena penutupan tambang yang terjadi tahun 1974 membuat penduduk pulai Hashima meninggalkan pulau dan pulau ini menjadi kosong kembali.

3. Ruby, Arizona

Kota ini juga terkenal dengan hasil tambang yang berlimpah, tapi kemudian lama-kelamaan hasil tambang menjadi semakin berkurang. Penduduk mulai meninggalkan kota. Ditambah lagi dengan banyaknya peristiwa pembunuhan kejam yang terjadi di kota Ruby menjadikan kota ini semakin sepi ditinggalkan. Pernah ada momen kota bangkit kembali saat perusahaan tambang baru buka, tapi ternyata karena beberapa alasan kota ini kembali sepi dan akhirnya resmi ditinggalkan penduduknya pada tahun 1940.

4. Varosha, Siprus

Awalnya Varosha adalah kota dengan tempat wisata populer. Tapi sejak Turki menginvasi Siprus, Varosha mulai ditinggalkan penduduknya. Kota ini menjadi di bawah kendali militer Turki dan hanya orang kalangan tertentu yang bisa masuk ke wilayah ini. Pernah ada upaya membangkitkan kota ini kembali, tapi ternyata tak berhasil dan Varosha menjadi kota tepi pantai yang kosong terbengkalai hingga sekarang.

5. Wittenoom, Australia

Kota Wttenoom adalah kota tambang yang berdiri tahun 1946. Kota pernah ada di puncak kejayaan karena hasil tambang yang melimpah pada tahun 1950. Tapi, seperti kota tambang lain, lama-kelamaan hasil tambang mulai berkurang dan perlahan penduduk mulai mencari mata pencaharian di tempat lain dan meninggalkan kota. Kota ini akhirnya resmi ditutup pada tahun 2007 dan bahkan dihapus keberadaannya dari peta oleh pemerintah Australia.

Itu dia kota atau daerah yang terbengkalai ditinggalkan penduduknya karena beberapa alasan.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini