Ini Dia Arti dari Beberapa Nama Daerah di Jakarta. Kalau Arti dari Nama Daerah Kamu Apa
Author: Akhmad F

Ini Dia Arti dari Beberapa Nama Daerah di Jakarta. Kalau Arti dari Nama Daerah Kamu Apa

Breaktime.co.id - Jakarta, nggak pernah habis punya cerita. Sekarang, Breaktime akan bahas soal arti dari nama-nama daerah di Jakarta. Simak ya, siapa tahu ini daerah tempat kamu tinggal.

Tegal Parang

Kalau kamu sering naik TransJakarta arah Pancoran dan sekitarnya, pasti sering banget mendengar nama daerah ini. Tapi tahukah kamu sejarah nama Tegal Parang ini apa? Pada tahun 1968, pasukan kerajaan Mataram menyerang Batavia. Mereka menemukan “Tegal” lalu memotongnya dengan Parang. Tegal sendiri merupakan alang-alang. Jadi Tegal Parang merupakan daerah yang dulunya banyak sekali alang-alang, sehingga para pasukan ini harus menebasnya dengan Parang dulu untuk membuat jalan.

Senayan

Daerah Senayan dulu dihuni oleh bangsawan Bali bernama Wangsanayan. Nah, orang-orang yang tinggal di daerah tersebut menggunakan nama sang bangsawan menjadi nama di daerahnya tersebut. Untuk mempersingkat pengucapapan, akhirnya disebutnya malah jadi Senayan.

Kuningan

Salah satu daerah yang merupakan sentral bisnisnya Jakarta ini punya sejarah yang cukup unik, Dari namanya sendiri kayaknya udah ketahuan ya kalau dulunya, daerah ini dihuni banyak orang Kuningan, Jawa Barat hingga anak cucu keturunannya menghuni daerah tersebut. Nama Kuningan pun tetap dipakai hingga sekarang.

Warung Buncit

Nama untuk daerah ini tuh juga agak-agak unik ya, guys. Kenapa harus Warung Buncit ya namanya? Jadi nih dulu kala namanya Pulo Kalibata. Diisi rata-rata oleh etnis Betawi. Nah, di daerah ini ada warung yang pemiliknya merupakan etnis Tionghoa bernama Buncit atau Bu Tjit. Warung ini terletak di perempatan jalan Duren Tiga, kalau sekarang digambarkan. Di warung itu terkenal berjualan segala kebutuhan rumah tangga. Jadi kalau ada yang nanya “Beli di mana?” “Itu, Warung Buncit”. Jadi gampang ingetnya kali, ya.

Pluit

Kalau kamu mengira nama Pluit merupakan sebuah alat tiup yang biasa digunakan Wasit untuk pertandingan, itu salah, guys. Pluit diambil dari kata Fluitschip yang artinya kapal (layar) panjang berlunas ramping. Zaman penjajahan dulu, Belanda meletakkan Fluitschip bernama Het Whitte Paert. Fluitschip tersebut diletakkan karena nggak layak pakai lagi. Kemudian dijadikan kubu pertahanan menghadapi serangan pasukan Banten. Kubu ini bernama De Fluit, yang sekarang disebut Pluit.

Kalau daerah kalian punya arti apa nih, guys?

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini