Hal-Hal Unik yang Hanya Dimiliki Fandom Musik K-Pop
Author: ajengpt

Hal-Hal Unik yang Hanya Dimiliki Fandom Musik K-Pop

Breaktime.co.id – Saat ini musik K-pop sudah menyebar keseluruh dunia. Di Korea sendiri bisa dikatakan tempatnya grup musik atau boy band dan girl band dengan jumlah fandom (penggemar) yang sangat besar. Tapi ternyata bukan hanya di Korea yang terdapat fandom terbesar, tapi di beberapa negara pun juga terdapat fandom yang besar termasuk Indonesia. Saat sang idol konser mereka ramai bersorak-sorai menyerukan nama idolanya. Mereka sangat bersemangat ketika melihat idola berada di atas panggung. Pasti buat penggemar K-pop juga musik Barat akan merasakan perbedaan signifikan yang hanya bisa kita temui di fandom K-pop ini. Dilansir dari Allkpop, Reddit dan SBS, ini adalah hal yang membedakan fandom K-pop dengan fandom musik lainnya.

1. Dance Cover

Di dunia K-pop sendiri, tak hanya lagu yang yang bisa dicover. Tapi juga ada dance yang bisa dicover, bahkan penggemar lebih sering mengcover dance dari pada lagu. Dance cover ini biasa dilakukan saat para bias atau idola mereka melakukan comeback. Banyak juga fans yang mendidikasikan dirinya untuk mempelajari step by step tarian idola mereka. Bahkan sering juga diadakan kompetisi dance cover dari idola mereka. Tapi nggak hanya cover, mereka juga melakukan flash mob untuk di event tertentu seperti di KCON 2017 lalu.

2. Timezone Watching

Penggemar K-pop memnag dikenal sabar. Karena hal itu penggemar tak menjadikan perbedaan waktu sebagai penghalang untuk menonton idol mereka. Contohnya, acara musik Inkigayo yang tayang pada jam prime time waktu Korea tapi para fandom K-pop di Amerika rela bangun tengah malam demi menyaksikan bias mereka.

3. Lightstick

Kebanggaan bagi fans K-pop adalah memiliki benda ‘sakral’ seperti ligshtick ini. Karena saat sang idol sedang konser, lightstick juga menjadi satu benda wajib yang harus dibawa. Dengan membawa lightstick ke konser akan semakin seru. Ditambah masing-masing grup K-pop memiliki lightstick dengan warna dan bentuk yang unik dan cantik.

4. Fan Chants

Selain lightstick, fan chants merupakan hal yang paling penting saat konser. Setiap idola dan setiap lagunya pun memiliki fan chants yang unik dan berbeda demi menunjukkan dukungan fans terhadap idol yang sedang perform di atas panggung. Dan yang pasti para fans harus kompak, agar idolnya makin semangat.

5. Hadiah Ulang Tahun yang Wow

Di negara-negara barat, penggemar memberikan hadiah ulang tahun kepada idolanya adalah suatu hal yang wajar. Tapi pernah ngga kalian melihat hadiah yag di desain sebagus mungkin untuk idolanya? Bahkan fans rela mengeluarkan banyak uang untuk memberikan banyak hadiah kepada sang idola. Tak tanggung-tanggung bahkan fans memberikan banyak hadiah, dari brand-brand terkenal.

6. Fans Project

Menyaksikan penampilan saat di music broadcast atau konser suatu hal yang biasa. Tetapi biasanya banyak fans juga yang mendukung idolanya saat comeback dan ulang tahun. Bisa seperti memasang iklan di bus, di stasiun, di kereta, bahkan sampai memasang iklan di billboard seperti New York, Times Square. Ada juga fans project yang dilakukan dengan sederhana seperti menargetkan jumlah viewers music video idola mereka saat comeback, dan juga donasi kamanusiaan.

7. Comeback

Potongan-potongan epik tentang kembali sebuah grup atau artis adalah sesuatu yang menarik semangat penggemar K-Pop. Cuplikan gambar, video, petunjuk, teka-teki, dan pesan tak jarang membuat para fans terbawa perasaan. Tidak hanya itu, sekali saja artis itu kembali, akan ada banyak media yang memanggil dalam berbagai acara, penampilan comeback, video spesial, tweet, dan banyak lagi.

Itulah hal-hal yang membuat penggemar K-Pop berbeda dari penggemar lainnya.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini