Fakta Unik Tentang Pulau Belitung yang Wajib Diketahui, Terasi Bangka Sudah Go Internasional
Author: Akhmad F

Fakta Unik Tentang Pulau Belitung yang Wajib Diketahui, Terasi Bangka Sudah Go Internasional

Breaktime.co.id - Pulau Belitung banyak dikenal oleh wisatawan sebagai surga mungil karena keindahan alamnya yang luar bisa indah, di Belitung terdapat beberapa pulau kecil yang patut untuk dijelajahi, dengan pasir putih sepanjang pantai dan panorama laut yang jernih membuat banyak orang ingin berlama-lama berada di pulau ini. Pulau yang mulai banyak diketahui orang-orang semenjak diluncurkannya film "Laskar Pelangi" ini ternyata memiliki fakta-fakta yang unik untuk diketahui.


Timah dari Pulau Belitung mempunyai peran penting untuk bahan baku pembuatan smartphone di seluruh dunia, produsen smartphone besar di dunia seperti Nokia, Sony, Blackberr, LG Electronic, dan Motorola mengakui bahwa timah dari Bangka Belitung memang timah terbaik dan produk-produk tersebut mengandung timah hasil penambang di pulau Bangka. Selain timah Bangka Belitung juga dikenal sebagai penghasil lada terbesar di Indonesia dan terasi Bangka yang terbuat dari udang rebon alsi ini sudah go internasonal. Jika berada di Bangka Belitung kerap kali menemukan beberapa tempat dengan batuan granit yang menjulang tinggi. Menurut penelitian batuan granit di Bangka Belitung sudah mencapai umur 65-200 juta tahun.


Fakta lain tentang Pulau Belitung adalah Secara “De Facto” Pangkal Pinang pernah menjadi Ibu Kota Republik Indonesia selama 7 bulan. Saat itu Presiden Soekarno dan Menteri Luar Negeri Agus Salim diasingkan di Wisma Ranggam di Muntok, Bangka Barat, mulai 5 Febuari 1949 dan secara de facto pimpinan beralih ke Bangka Belitung.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini