9 Jajanan Pasar yang Mulai Susah Dicari Ini, Menjadi Makanan Langka
Author: Akhmad F

9 Jajanan Pasar yang Mulai Susah Dicari Ini, Menjadi Makanan Langka

Breaktime.co.id - Saat ini, variasi makanan mulai bermunculan. Tidak hanya makanan khas Indonesia, makanan luar negeri juga mulai masuk ke tanah air. Karena itu, jajanan pasar yang ada sudah langka dan susah dicari. Ada apa saja?

1. Geblek

Memiliki nama yang unik, geblek ini tidak berbeda jauh dengan gorengan cireng. Makanan yang memiliki bentuk angka delapan ini terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui bawang putih. Makan geblek lebih enak lagi kalau dicocol dengan sambel kacang.

2. Grontol Jagung

Makanan ini pasti dulunya banyak ditemui di pasar tradisional, tapi karena banyaknya variasi yang bermunculan makanan ini pun jadi susah dicari. Tapi, kalau kalian yang kangen dan ingin memakan-makanan ini kalian bisa coba buat di rumah. Caranya, jagung direbus jika telah matang taburi dengan parutan kelapa dan gula. Gampang kan?

3. Kembang Goyang

Selanjutnya ada makanan khas dari Betawi yang bentuknya menyerupai kembang. Cara memasaknya pun digoreng, dan uniknya saat digoreng agar adonannya lepas dari cetakan kita harus menggoyangkannya. Karena itu disebutlah Kembang Goyang.

4. Kue Rangi

Kue rangi ini juga merupakan makanan khas Betawi. Makanan ini juga sering disebut Sagu Rangi karena dibuat dari kanji dan parutan kelapa. Memasak kue rangi ini juga masih menggunakan kayu bakar lho.

5. Untir-Untir

Karena cara bentuknya harus diuntir-untir, maka makanan satu ini juga memiliki nama untir-untir. Kue untir-untir ini memiliki tekstur yamh renyah, manis dan juga gurih.

6. Madu Mongso

Jangan terkecoh dengan nama Madu Mongso, karena ternyata makanan itu sama sekali tidak terbuat dari madu. Camilan yang terbuat dari ketan hitam yang difermentasi ini, biasanya dibungkus dengan kertas warna-warni.

7. Kipo

Makanan khas dari Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki ukuran yang terbilang kecil dan juga bentujnya yang lonjong. Selain itu, makanan ini memiliki warna agak kehijauan dan dibuat dari tepung beras, tepung ketan dan parutan kelapa.

8. Jenang Krasikan

Saat makan jenang krasikan ini, lidah kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Meskipun akan merasakan ngeres atau merasakan berpasir, rasa jenang krasikan ini tetap enak untuk dinikmati.

9. Clorot

Bentuk kue clorot ini panjang dan menyerupai kerucut. Bahan membuat kue ini dari tepung beras, santan dan gula jawa yang kemudian dibungkus dengan daun janur. Selain memiliki nama clorot, kue khas Purworejo, Jawa Tengah ini juga dikenal dengan nama jelurut.

Kira-kira kalian pernah nyobain yang mana nih?

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini