5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru, Ada yang Ngajak Ngomong Hewan Ternak Loh
Author: Akhmad F

5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru, Ada yang Ngajak Ngomong Hewan Ternak Loh

Breaktime.co.id - Tahun baru identik dengan pesta kembang api dan pawai. Namun, dibelahan bumi lainnya merayakan tahun baru tidak hanya dengan pesta kembang api melainkan dengan tradisi yang unik dan berbeda yang dilakukan sejak lama dan turun temurun. Ini dia negeara-negara yang memiliki tradisi tahun baru yang tak biasa dan berbeda :

1. Puerto Rico

Setiap tangal 31 Desember setiap tahunnya penduduk Puerto Rico mempunyai tradisi tahan baru yang unik yaitu sebelum menyambut malam tahun baru masyarakat setempat wajib melakukan tradisi bersih-bersih terlebih dahulu. Seperti membersihkan perabot rumah, mencuci mobil, menyapu halaman, bahkan menyapu jalan. Saat waktu pergantian tahun tiba, masyarakat setempat beramai-ramai mengisi pot dan wadah dengan air lalu menyiramkan air tersebut di depan pintu rumah mereka.

2. Romania

Saat tahun baru mulai tiba para peternak di Romania akan "berkomunikasi" dengan hewan ternaknya dan lebih memperhatikan mereka. Jika hewan-hewan ternak ini bisa diajak "beromunikasi" maka akan dianggap sukses dan ditahun yang akan datang dan para peternak akan mendapatkan keberuntungan. Bear Dance juga menjadi tradisi tahun baru di Romania dimana peserta memakai kostum beruang dan menari-nari dari satu rumah ke rumah lain untuk mengusir aura jahat.

3. Belarusia

Anak muda lajang di Belarusia memiliki tradisi unik untuk menyambut tahun baru. Untuk mengetahui siapa wanita yang akan pertama kali menikah di tahun baru, mereka menggunakan seekor ayam jantan untuk membantu, di depan para wanita lajang akan disediakan setumpuk jagung dan akan melepas seekor ayam jantan di tengah-tengah mereka. Barangsiapa yang jagungnya dimakan terlebih dahulu oleh ayam jantan tersebut maka wanita tersebutlah yang akan menikah terlebih dahulu.

4. Denmark

Jika mendenger suara pecahan piring yang dilemparkan pada saat tahun baru di Demnark, jangan langsung terkaget. Itu adalah tradisi mereka di tahun baru, yaitu melemparkan piring di depan pintu temen atau tetangga. Semakin banyak piring pecah yang didapatkan, maka menandakan bahwa seseorang tersebut sangat dicintai dan memiliki banyak teman.

5. Ekuador

Masyarakat Ekuador memiliki tradisi yang unik untuk menyambut tahun baru yaitu membuat figur "orang-orangan" dari sekumpulan kertas, kardus, jerami, kain bekas, tanah, dan daun yang dibentuk menyerupai orang-orang dengan beragam profesi. Kemudian mereka membakarnya. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol pembersihan selama 12 bulan yang telah terlewat.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini