5 Makanan Korea Mirip Dengan Makanan Indonesia, Ada yang Mirip Dengan Rengginang Juga Loh
Author: Akhmad F

5 Makanan Korea Mirip Dengan Makanan Indonesia, Ada yang Mirip Dengan Rengginang Juga Loh

Breaktime.co.id - Korea tak hanya terkenal dengan Drama atau K-Popnya saja, sekarang ini makanan asal Korea juga menjadi booming karena banyaknya restoran yang membuka usaha makanan Korea di Indonesia. Namun tanpa kita sadari beberapa makanan Korea memiliki banyak kemiripan dengan makanan Indonesia. Ini dia makanan Korea yang serupa dengan makanan Indonesia :

1. Japchae dengan Bihun goreng

Japchae ini mirip dengan bihun yang biasa orang Indonesia konsumsi dengan nasi uduk. Bedanya terletak pada bahan baku yang dipakai Japchae terbuat dari tepung ubi jalar sementara bihun terbuat dari tepung jagung atau pati sagu.

2. Gangjeong dengan Rengginang

Gangjeong atau yang biasa disebut dengan "rice cripsy" dari Korea memiliki banyak manfaat, salah satunya makanan ini dipercaya untuk membantu proses pelangsingan tubuh serta mempercantik kulit. Camilan garing ini terbuat dari beras ketan serta biji-bijian lainnya, jika di Indonesia kita mengenal rengginang yang memiliki rasa asin dan manis,bedanya di Indonesia rengginang hanya disajikan begitu saja setelah digoreng renyah. Di Korea, gangjeong biasa disajikan dengan cara disiram dengan sirup ragi dan tepung yang terbuat dari campuran biji wijen, kedelai, serta kacang cemara.

3. Kimchi dengan Asinan sayur

Antara kimchi dan asinan sayur memiliki bentuk yang hampir mirip, Bicara rasa keduanya memiliki cita rasa yang asam segar, tapi bedanya kalau rasa asam kimchi berasal dari fermentasi sayurannya sedangkan asinan sayur asamnya dicampur dengan cuka. Keduanya pun sama-sama menggunakan cabai sebagai perasa pedasnya, bedanya lagi kimchi mengunakan cabai bubuk yang rasanya sangat pedas, untuk kuah kimchi sedikit agak kental dan asinan sayur agak lebih encer. Keduanya juga sama-sama mengunakan sawi, tapi jika asinan biasanya ditambah dengan sayuran lainnya seperti kol, toge, mentimun.

4. Bindaetteok dengan Bakwan

Bindaetteok adalah pancake kacang hijau dan sayur asal Korea. Bentuknya sama dengan bakwan yang biasa disajikan. Bahan-bahan untuk membuatnya juga sama dengan bakwan pada umumnya. Bindaetteok dibuat dengan mencampur tepung terigu beserta beragam sayuran seperti wortel, tauge, jamur, dan daun bawang. Bedanya hanya adonan bindaetteok ditambahkan kacang hijau.

5. Daging Bulgogi dengan Semur daging

Biasanya daging bulgogi di Korea terbuat dari daging sapi dan daging babi. Rasanya manis dan gurih dari kecap asin membuat daging bulgogi mirip dengan rasa semur yang ada di Indonesia.

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini