5 Hal yang Harusnya Gak Kamu Lakukan di Media Sosial Saat Ada Bencana, Yuk Lebih Bijak Lagi
Author: Akhmad F

5 Hal yang Harusnya Gak Kamu Lakukan di Media Sosial Saat Ada Bencana, Yuk Lebih Bijak Lagi

Breaktime.co.id - Bencana datang kadang tanpa ada peringatan terlebih dahulu. Gak ada satu pun manusia yang tahu kapan bencana akan terjadi, dan kadang juga bencana adalah fenomena alam yang memang wajar terjadi. Sebagai netizen yang baik, bijak, dan punya empati, harusnya kita gak ngelakuin ini di media sosial.

1. Menyebarkan video atau foto bencana

Siapa sih yang mau terkena bencana? Pasti gak ada yang mau dong. Dan dengan menyebar video atau foto bencana hanya akan menakuti-nakuti orang lain. Kita juga harus menjaga perasaan korban yang masih trauma dengan bencana yang baru dialaminya. Jadi, daripada menyebar hal yang bikin takut, mending nyebar hal positif, kan? Mungkin dengan share pembukaan donasi untuk korban dan lain-lain.

2. Menyebarkan foto atau video korban bencana

Itu adalah tindakan yang sangat tidak pantas untuk dilakukan. Yuk tingkatkan rasa empati kita, pahami perasaan keluarga korban. Pastinya lebih bijak untuk kita sebagai netizen untuk gak menyebar foto atau video korban bencana di media sosial.

3. Mengaitkan bencana yang dialami korban dengan azab hidup

Setiap manusia pasti punya salah dan gak ada yang sempurna. Mengaitkan bencana yang dialami korban dengan azab adalah tindakan yang gak pantas dilakukan oleh siapa pun. Daripada mencela, mending ikut berbela sungkawa, kan?

4. Menuduh bencana yang terjadi karena dosa dan kesalahan manusia di bumi

Mengaitkan bencana dengan kesalahan manusia itu adalah hal yang seharusnya gak dilontarkan di media sosial. Yuklah lebih berempati dan menjaga perasaan orang lain khususnya korban dan keluarga korban. Gak enak loh komentar semacam itu kalo dibaca sama keluarga korban, pasti sakit. Bencana yang terjadi bisa jadi memang fenomena alam yang harus terjadi, bukan karena hal yang lain.

5. Mengaitkan bencana dengan isu politik yang sedang terjadi

Ini adalah tindakan yang sangat gak pantas dan gak nyambung sama sekali. Jangan sampe deh empati kamu terkikis hanya untuk membela isu politik dan mengaitkannya dengan bencana. Gak ada untungnya sama sekali loh.

Daripada mencaci dan saling menyalahkan, tindakan paling baik saat ada bencana yang bisa kita lakukan adalah membantu korban dan keluarga korban untuk kembali pulih dan saling menguatkan serta menyebarkan info positif pasca gempa daripada hanya menakut-nakuti, setuju?

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini