Yuk, Coba Resep Rumahan Gulai Kepala Ikan Kakap | Breaktime
Yuk, Coba Resep Rumahan Gulai Kepala Ikan Kakap
23.06.2017

Apakah B’timers penyuka seafood? Memasak seafood terkadang membutuhkan skill khusus. Hal ini membuat banyak orang penyuka seafood lebih memilih untuk membeli di restoran saja. Karena selain takut untuk memasak sendiri, banyak orang yang tidak ingin ribet dalam proses membuatnya.

Padahal jika anda memasak sendiri, anda bisa menghemat banyak rupiah. Biasanya reatoran yang menawarkan menu seafood cenderung memiliki harga yang mahal. Siapa kira ternyata memasak dirumah bisa jauh lebih murah.

Penyuka seafood tentunya sudah tidak asing lagi dengan menu ikan kakap. Namun pernahkah anda mencoba gulai kepala ikan kakap? Biasanya, kepala adalah bagian yang tidak dikonsumsi ketika kita memakan ikan, namun pada resep kali ini kita akan membuat gulai dari kepala ikan. Berikut adalah resep gulai kepala ikan kakap yang simple tanpa ribet, bisa anda coba di rumah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gurihnya Resep Masakan Udang Gulai Aceh

Siapkan bahan yang dibutuhkan yaitu 2 buah kepala ikan kakap, dan 50 ml santan kental instan. Siapkan juga bumbu yang dihaluskan seperti 6 siung bawang putih, 6 siung bawang merah, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 5 buah cabai merah keriting, setengah sendok makan ketumbar sangria, seperempat sendok teh jintan, setengah sendok teh merica bubuk, dan 4 butir kemiri sangria.

Adapun bumbu lain yang harus disiapkan juga, 3 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 2 buah kembang lawang/pekak, 1 batang kayu manis sepanjang 3 cm, 2 buah serai ambil bagian putihnya saja, memarkan, 3 cm lengkuas, 4 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk purut, 1 lembar daun kunyit, 15 buah cabai rawit utuh, 1 setengah sendok teh garam, 1 sendok makan air asam jawa, 1 sendok makan gula jawa, dan 600 ml air panas.

Yuk, Coba Resep Rumahan Gulai Kepala Ikan Kakap | Breaktime
Gulai kepala ikan kakap sedap dari dapur sendiri

Setelah semua bahan dan bumbu telah disiapkan. Berikut cara mengolahnya. Pertama, siapkan kepala ikan kakap, belah membujur menjadi dua bagian yang pipih. Buang insang dan sisa-sisa darah yang membeku di rongga kepalanya. Cuci bersih, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis atau air asam jawa. Diamkan 15 menit, cuci hingga bersih dan sisihkan. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Memasak Gulai Kambing Madura nan Kaya Rasa!

Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak dan panaskan minyak hingga benar-benar panas. Tumis bumbu halus hingga berubah warnanya tidak terlalu pucat, matang dan harum. Tambahkan minyak jika bumbu mudah gosong tetapi belum matang. Masukkan kapulaga, cengkeh, kembang lawang, kayu manis, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit dan cabai rawit utuh. Aduk dan tumis hingga rempah layu dan harum. 

Setelah itu, masukkan potongan kepala ikan kakap, aduk dengan bumbu hingga rata. tambahkan air panas mendidih dan masak hingga setengah matang. Masukkan gula, garam dan air asam jawa. Masak selama 2 menit, tambahkan santan kental instan. Masak dengan api sangat kecil hingga kuah mendidih dan sedikit menyusut. Jangan terlalu sering membolak-balik ikan selama dimasak supaya tidak hancur. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kreasi Resep Gulai Daging Sapi Menggoyang Lidah

Perlu diketahui bahwa kepala ikan tidak memerlukan waktu lama untuk dimasak, jangan over cooked supaya tekstur daging tidak lumat dan hancur. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya. Jika dirasa sudah cukup, angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Resep diatas biasa anda modifikasi tergantung berapa jumlah kepala ikan kakap yang akan anda masak. Jumlah bumbu nya pun bisa bertambah sesuai keinginan anda. Gulai biasanya memiliki khas yang berbeda di setiap daerah. Jika di daerah anda memiliki bahan khusus untuk ditambahkan, boleh saja selama tidak merusak rasa.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE