Yuk, Coba Resep Crème Brulee a la Perancis Ini! | Breaktime
Yuk, Coba Resep Crème Brulee a la Perancis Ini!
30.01.2016

Pernah mendengar sajian khas Perancis yang satu ini? Ya, crème brulee berbahan dasar custard dan memiliki lapisan karamel keras dan biasa dihidangkan dengan suhu normal. Pada resep tradisional dessert ini ditambahkan vanili, tapi sekarang Anda bisa menemui berbagai rasa lainnya. Hingga kini, crème brulee merupakan makanan penutup yang lezat dan sangat digemari. Nah B’timers, yuk coba siapkan hidangan tersebut dengan resep crème brulee berikut.

Yuk, Coba Resep Crème Brulee a la Perancis Ini! | Breaktime
Crème brulee memiliki tekstur yang lembut
bahan - bahan :
  • 6 butir kuning telur
  • 6 sendok makan gula putih
  • ½ sendok teh ekstrak vanili
  • 585 gram krim kental
  • 2 sendok makan brown sugar

Cara membuat:

  1. Pertama, panaskan oven hingga 150 derajat C.
  2. Kocok kuning telur, 4 sendok makan gula putih dan ekstrak vanili dalam mangkuk hingga menjadi adonan yang kental dan lembut.
  3. Tuangkan krim kental ke dalam panci dan aduk di atas api kecil sampai hampir mendidih. Angkat dari kompor, lalu tuangkan ke dalam campuran kuning telur. Kocok hingga tercampur.
  4. Pindahkan campuran krim ke dalam wadah tahan panas. Aduk di atas air yang mendidih selama kurang lebih 3 menit. Angkat segera dari kompor dan tuangkan ke dalam mangkuk dangkal tahan panas.
  5. Panggang dalam oven selama 30 menit. Keluarkan lalu dinginkan sampai sama dengan suhu ruangan. Anda bisa mendinginkannya selama minimal 1 jam atau semalaman.
  6. Panaskan oven.
  7. Siapkan wadah kecil untuk mencampurkan sisa 2 sendok makan gula putih dan brown sugar. Lalu ayak di atas permukaan custard. Bakar permukaan menggunakan api sampai gula mencair, atau selama 2 menit. Saat membakar, perhatikan baik-baik jangan sampai gula menjadi terlalu gosong.
  8. Crème brulee siap disajikan.

Untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna saat membakar gula, Anda bisa menggunakan korek api kecil. Jadi, hasilnya bisa lebih merata dan tidak cepat gosong. Meskipun resep crème brulee yang asli tidak menambahkan rasa apapun kecuali vanili, Anda mungkin sudah sering menemukan dessert ini dengan berbagai rasa.

Salah satu varian rasanya adalah espresso. Namun, keaslian dari versi orisinilnya tetap tidak terkalahkan. Dan, dengan resep crème brulee tadi, Anda sudah siap memberi kejutan untuk keluarga tercinta, B’timers? (NO)

Share This Article