Bikin Crepes Pisang Buat Camilan Natal! | Breaktime
Yuk, Bikin Crepes Pisang Buat Camilan Natal dan Tahun Baru!
19.12.2015

Kegiatan paling asyik menjelang Natal dan tahun baru adalah berkeliling ke supermarket yang membeli beragam makanann ringan untuk mengisi liburan. Nah, daripada lari sana-sini hanya untuk membeli camilan, mengapa tidak mencoba untuk membuat sendiri, B’timers?

Selain hemat tenaga di luar rumah, membikin kudapan sendiri untuk hidangan Natal dan tahun baru akan menambah pengalaman Anda dalam membuat makanan ringan. Selain lebih asyik, tentunya juga bermanfaat, bukan?

Nah, kudapan yang akan kita buat kali ini adalah panekuk tipis khas Eropa, tepatnya Negara Perancis, yang sangat terkenal di seluruh negara di dunia. Benar sekali, B’timers, kita akan membuat crepes (baca: krep). Crepes yang akan kita buat kali ini adalah crepes rasa pisang yang selain enak juga menyehatkan. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bikin Crepes Pisang Buat Camilan Natal! | Breaktime
Pisang memberikan aroma berbeda pada menu satu ini
bahan - bahan :
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 ½ cangkir tepung terigu
  • 50 gr mentega, panaskan hingga mencair
  • 1 butir telur ayam
  • Susu cair secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula halus
  • Pisang secukupnya, iris-iris tipis
  • Keju dan susu kental manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan mentega cair hingga benar-benar merata. Pastikan benar-benar menyatu dan tidak ada gumpalan-gumpalan dari mentega.
  2. Setelah itu, masukkan tepung beras, terigu dan garam secukupnya. Aduk rata sambil memasukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan terasa kental dan halus.
  3. Panaskan wajan/pan anti lengket dengan api sedang, jangan terlalu kecil dan jangan telalu besar.
  4. Masukkan sedikit adonan ke dalam wajan panas tersebut. Usahakan agar adonan menjadi melebar dan tipis. Jangan lupa untuk memasukkan irisa-irisan pisang di atasnya.
  5. Setelah tampak kering kecoklatan, Anda tidak perlu membalik crepes Anda. Pastikan bagian tengahnya juga matang, kemudin lipat hingga menjadi segitiga. Ulangi langkah tersebut hingga adonan habis.
  6. Setelah itu hidangkan di atas piring saji. Sebagai topping, taburkan gula halus, keju parut dan susu kental manis coklat di atasnya. Anda bisa memilih topping sesuai dengan selera Anda.
  7. Selesai, dan selemat menikmati dengan teman dan kerabat Anda.

Di Indonesia, crepes lebih dikenal dengan sebutan kue leker. Memang hampir sama, namun sebenarnya bahan yang digunakan sedikit berbeda. Tekstur kue leker juga tampak lebih tebal dan lembab jika dibandingkan dengan crepes asli Perancis ini.

Nah, bagaimana, B’timers? Menyenangkan, bukan, jika Anda bisa membuat kudapan natal dan tahun baru Anda sendiri? Selamat mencoba! (nap)

Share This Article