Shirokuma, Es Serut Jepang Manis dan Segar | Breaktime
Warna-Warni Shirokuma, Es Serut Jepang yang Manis dan Segar
03.07.2015

Ngabuburit alias menunggu waktu berbuka bisa jadi saat-saat yang paling asyik saat Ramadan. Bukankah B’timers juga mempersiapkan menu buka, khususnya takjil yang segar? Nah, saat buka memang paling baik minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian. Namun tentu lebih sempurna jika dibarengi dengan takjil yang spesial!

Kalau biasanya Anda menyantap takjil seperti es kolak, es buah atau es teler, kali ini coba dessert a la Jepang yang bakal bikin suasana berbuka jadi beda. Shirokuma adalah es serut asal Kagoshima yang sudah sangat populer di Jepang sejak zaman Edo. Dessert ini khas dengan es serut yang lengkap dengan susu kental manis dan selai kacang merah dan buah-buahan.

Hm, sepertinya begitu manis dan nikmat, ya? Mudah kok, membuatnya. Intip resepnya, yuk!

Buah cocktail untuk bahan shirokuma
Buah cocktail untuk bahan shirokuma

BAHAN ES:

Es serut
Susu kental manis
Buah kalengan atau buah cocktail
Sirup buah (sesuai selera)
Selai kacang merah

BAHAN AGAR-AGAR:

1 stik kanten (agar-agar Jepang, bisa didapat di toko bahan makanan Jepang)
550 ml air
75 gr gula putih
1 sdm air perasan lemon

CARA MEMBUAT:

  • Pertama, buat agar-agar terlebih dahulu. Haluskan stik kanten menggunakan air selama satu jam. Peras air dan potong agar-agar menjadi potongan-potongan kecil.
  • Dalam panci, campur gula, air perasan lemon, air dan kanten. Didihkan dengan api kecil, aduk sesekali. Masak selama 5 menit. Pindahkan agar-agar loyang masak berukuran 20 x 20 cm. Dinginkan. Saat sudah mengeras, potong kotak-kotak berukuran kecil.
  • Siapkan mangkuk. Taruh es serut dalam mangkuk. Segera setelah menaruh es, beri topping agar-agar, buah kalengan dan sirup, lalu siramkan selai kacang merah. Tuangkan susu kental manis, sajikan.

Meski tak jauh beda dengan minuman es yang sering kita jumpai, selai kacang merahnya menjadi keunikan yang memperkaya rasa dessert ini, B’timers. Marvelous! Coba, ya.

Share This Article