Unik Nyegerin, Ini Resep Bikin Yogurt Homemade! | Breaktime
Unik Nyegerin, Ini Resep Bikin Yogurt Homemade!
15.02.2017

Yogurt memang dikenal sebagai makanan sehat yang menawarkan cukup banyak manfaat untuk tubuh, B’timers. Bisa disajikan dengan berbagai bahan makanan lainnya, membuat yogurt menjadi sajian yang disukai oleh banyak orang. Apalagi bagi wanita yang sedang menjalani program diet dalam rangka untuk menurunkan berat badan, yogurt adalah pilihan yang paling tepat untuk dikonsumsi, B’timers.

Nah, bagaimana jika Anda membuat Yogurt Homemade sendiri di rumah, B’timers? Tak terlalu sulit, kok, untuk membuatnya. Bahkan bahan-bahan yang diperlukan dan alat-alat yang dibutuhkan tidak banyak. Anda bisa menggunakan susu murni untuk mendapatkan tekstur yogurt yang tebal dan kental. Susu skim bisa menjadi yogurt yang tipis. Nah, di bawah ini resep membuat Yogurt Homemade, B’timers!

Unik Nyegerin, Ini Resep Bikin Yogurt Homemade! | Breaktime
Tambahkan buah segar pada Yogurt Homemade

Bahan-bahan Yogurt Homemade:

  • 2 liter susu, semakin segar semakin baik
  • 60 gram heavy cream (optional)
  • 3 – 4 sendok makan plain yogurt
Unik Nyegerin, Ini Resep Bikin Yogurt Homemade! | Breaktime
Sajikan Yogurt Homemade untuk sarapan sehat Anda

Bahan-bahan penambah rasa Yogurt Homemade:

  • Selai
  • Madu
  • Dulce de leche
  • Molasses
  • Buah segar atau buah kering
  • Bawang putih
  • Atau penambah rasa lainnya yang Anda sukai

Baca juga : PUDDING MANGGA, RESEP TROPIKAL YANG MENYEGARKAN!

Cara membuat Yogurt Homemade:

  1. Masukkan es batu di bagian bawah panci untuk menghindari panas berlebihan. Anda juga dapat membilas bagian dalam panci dengan air dingin, kok, B’timers.
  2. Tuangkan susu dan heavy cream jika Anda menggunakan heavy cream. Masak kedua bahan itu hingga mendidih atau sampai terbentuk gelembung atau hingga suhu menjadi 190 – 200 derajat Fahrenheit, B’timers.
  3. Aduklah susu sesekali jika sudah mulai panas.
  4. Jika susu sudah mendidih, angkatlah panci dari kompor dan biarkan hingga dingin atau sampai Anda merasakan bagian bawah panci mulai hangat. Dan celupkan jari kelingking Anda ke dalam susu selama 10 detik, apakah sudah cukup hangat atau sekitar 110 – 115 derajat Fahrenheit?
  5. Dan Anda juga dapat menuang susu ke dalam panci yang lain untuk membantu mempercepat proses pendinginan, kok, B’timers. Gunakan gelas atau mangkuk keramik.
  6. Namun apabila Anda sedang terburu-buru, isi wastafel Anda dengan air dingin atau air es dan rendam panci berisi susu Anda di dalam air es tersebut. Namun pastikan Anda mengaduknya secara terus menerus untuk memastikan susu dingin secara merata, ya, B’timers?
  7. Selanjutnya tuangkan sekitar 120 gram susu yang sudah mulai hangat ke dalam mangkuk kecil dan kocok hingga menjadi campuran yang halus dan lembut.
  8. Baru setelah itu, aduklah campuran susu hangat di dalam panci hingga lembut dan halus. Tutup panci dengan menggunakan tutup yang besar. Jagalah agar panci tetap hangat. Anda dapat membungkusnya dengan menggunakan handuk besat atau letakkan di atas bantal pemanas. Anda juga bisa menyimpannya di atas lemari pendingin yang biasanya cukup hangat, kok. Cara lain adalah dengan memasukkannya ke dalam oven dengan lampu menyala untuk menjaganya tetap hangat.
  9. Biarkan yogurt selama kurang lebih 6 – 12 jam. Yogurt akan mulai menebal dan semakin kental. Setelah itu pindahkan panci berisi yogurt ke dalam lemari pendingin dan dinginkan selama kurang lebih 4 jam.
  10. Yogurt akan mulai mengental selama proses penyimpanan itu, B’timers.
  11. Tambahkan bahan-bahan perasa sebelum Anda menyajikan Yogurt Homemade, B’timers!

Nah, tidak terlalu sulit untuk membuat Yogurt Homemade, kan, B’timers? Selamat mencoba, ya! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE