Tumis Udang Jamur, Sajian nan Sehat Kaya Nutrisi | Breaktime
Tumis Udang Jamur, Sajian nan Sehat Kaya Nutrisi
23.01.2017

Olahan dari seafood memang selalu berhasil menggugah selera, ya, B’timers? Salah satu bahan yang bisa Anda nikmati adalah udang. Hmm, mudah diolah dengan rasa yang lezat, udang memang menjadi sajian kesukaan banyak orang. Menu-menu seperti koktail udang, udang bakar, udang panggang dengan aneka bumbu yang menggiurkan maupun tumisan udang yang tampak sederhana, namun semua menawarkan rasa yang sangat menggugah.

Di balik rasanya yang kaya dan begitu nikmat, udang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan Anda, lho, B’timers. Salah satu yang perlu kita ketahui adalah, udang merupakan bahan makanan yang rendah akan kandungan kalori. Di dalam satu ekor udang ukurang sedang, mengandung sekitar 7 kalori. Dan hal ini berarti selusin udang mengandung kurang dari 85 kalori jika dibandingkan dengan 3 ons dada daging ayam yang mengandung 100 kalori. Wow!

Selain itu, udang juga terbukti menyimpan kandungan protein yang cukup tinggi. Ya, selain kaya akan kandungan air, udang merupakan sumber protein yang sangat kaya, lho, Btimers. Dari 3 ons udang yang dipanggang maupun dikukus, mengandung sekitar 20 gram protein. Dan setiap ekor udang berukuran besar mengandung sekitar 3 gram protein. Yang merupakan kabar baik adalah, udang adalah makanan yang mengandung sedikit lemak.

Nah, dari semua kebaikan yang ditawarkan oleh udang, yuk, sajikan olahan tradisional untuk keluarga di rumah, dengan resep Tumis Udang Jamur berikut ini, B’timers!

Tumis Udang Jamur, Sajian nan Sehat Kaya Nutrisi | Breaktime
Tumis Udang Jamur, menu kaya nutrisi

Bahan-bahan Tumis Udang Jamur:

  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 60 ml + 2 sendok makan minyak zaitun murni
  • 14 gram jamur shiitake, buang batang dan iris bagian topi jamur
  • 56 gram udang ukuran jumbo, buang kulit dan belah bagian punggung, namun jangan sampai terpotong
  • Garam, secukupnya
  • Lada bubuk, secukupnya
  • 60 ml air
  • 2 batang daun seledri, cincang kasar
  • 2 sendok makan mentega tawar
  • Nasi putih atau nasi kuning, secukupnya

Cara membuat Tumis Udang Jamur:

  1. Panaskan wajan besar berisi minyak zaitun di atas api sedang. Setelah minyak cukup panas, masukkan pawing putih dan masak hingga permukaan bawang putih mulai kecoklatan dan mengeluarkan aroma wangi, atau masak selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu, dengan menggunakan saringan, pindahkan bawang putih yang telah matang tersebut ke piring. Dan sisihkan.
  2. Sementara itu, masukkan jamur yang telah dipotong ke dalam wajan dan masak menggunakan api besar sambil sesekali diaduk. Masak jamur hingga berubah kecoklatan atau masaklah selama kurang lebih 7 menit.
  3. Sebelum menambahkan udang ke dalam wajan, bumbui udang dengan garam dan merica secukupnya. Baru masukkan udang yang telah dibumbui tersebut ke dalam wajan. Masaklah di atas api besar hingga hampir matang atau selama kurang lebih 7 hingga 8 menit. Jangan lupa untuk sesekali mengaduknya, ya, B’timers.
  4. Tuangkan air dan masak hingga air mulai menguap.
  5. Masukkan daun ketumbar yang sebelumnya telah dicincang kasar. Tambahkan mentega tawar ke dalam wajan tersebut dan aduk hingga merata.
  6. Pindahkan Tumis Udang Jamur ke dalam piring saji dan hiasi dengan taburan bawang putih yang telah digoreng sebelumnya.
  7. Anda dapat menyajikan Tumis Udang Jamur hangat bersama dengan nasi putih ataupun nasi kuning hangat, B’timers.
  8. Hmm, selamat menikmati!

Tidak sulit, kan, untuk menyajikan menu penuh nutrisi untuk orang-orang tercinta di rumah? Selamat mencoba, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE