Trik Memasak Cerdik Ini Buat Anda Melongo | Breaktime
Trik Memasak Cerdik Ini Buat Anda Melongo
23.11.2017

Untuk hidup yang lebih sehat (dan hemat) sebenarnya bisa dimulai dengan langkah yang sangat sederhana, B’Timers. Yaitu, mulailah dengan mengolah dan menyantap makanan yang Anda buat sendiri di rumah. Dibandingkan dengan bersantap di luar, memasak sendiri makanan Anda memang lebih hemat dan bahkan Anda bisa mengukur sendiri bumbu yang digunakan sesuai dengan cita rasa yang Anda inginkan. Hanya saja ada satu kekurangannya, yaitu kurang praktis.

Ya, kebanyakan orang kurang suka memasak karena mereka menghabiskan terlalu banyak tenaga dan waktu untuk berkutat dengan hal-hal sepele. Atau bisa juga Anda melakukan sedikit miss yang membuat cita rasa masakan Anda jadi tidak sesuai dengan harapan. Bikin down banget pastinya, ya?  Tapi jangan lantas putus harapan, B’Timers. Karena ternyata trik sukses memasak sebenarnya sangat simple, kok. Sesederhana apa sih?

Sesederhana mengupas jahe, B’Timers. Mengupas jahe memang sering jadi cobaan tersendiri bagi para home chefs. Kulit jahe memang sangat tipis dan melekat kuat dengan dagingnya, sehingga seringkali daging jahe tersebut ikut terkelupas ketika Anda mengupas jahe bahkan dengan pisau pengupas buah. Kabar baiknya, kini Anda bisa mengupas kulit (dan hanya kulit) jahe dengan menggunakan sendok!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jajanan Klasik Sempol Ayam Khas Malang

Caranya bersihkan jahe dari tonjolan tunas yang ada dengan menggunakan pisau terlebih dulu. Setelah permukaan jahe lebih rata, baru gunakan ujung sendok untuk mengeruk kulit jahe tersebut. Hasilnya, Anda akan memperoleh jahe kupasan dengan permukaan yang lebih mulus. Oh ya, untuk mencegah munculnya tunas baru, simpanlah jahe yang sudah dikupas tersebut ke di dalam kulkas atau freezer. 

Trik Memasak Cerdik Ini Buat Anda Melongo | Breaktime
Sup terlalu asin? Lakukan trik memasak ini!

Satu lagi insiden yang paling sering terjadi saat memasak adalah ketika Anda memasukkan terlalu banyak bumbu garam ke dalam sop sayur atau masakan berkuah lainnya. Anda masih bisa menambahkan garam untuk menambah rasa seandainya masakan Anda kurang asin, tapi bagaimana jika terlalu asin? Tidak mungkin juga kan Anda mengambil kembali garam yang sudah larut di dalam kuah?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kelezatan Hakiki Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Jawabannya, campurkan saja potongan kentang ke dalam masakan Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan satu buah kentang yang dipotong dadu ke dalam masakan Anda dan biarkan masak selama 10 menit. Potongan dari kentang tersebut akan membantu menyerap sebagian kandungan garam di dalam masakan Anda sehingga membuat rasa asin tersebut sedikit berkurang. Ditambah lagi, kentang bisa menambahkan cita rasa gurih pada masakan dan cukup mengenyangkan lho!

Dan omong-omong soal kentang, kita semua tahu kalau umbi satu ini sangat mudah teroksidasi dan berwarna cokelat setelah dikupas. Dan walaupun reaksi oksidasi  adalah proses alami dan  tidak berbahaya, tapi tetap saja membuat penampilan kentang tersebut jadi terlihat kotor, kan? Untuk mencegah reaksi kimiawi tersebut, rendam saja kentang tersebut ke dalam semangkuk air dingin. Tak hanya kentang saja, trik ini juga ampuh untuk diaplikasikan pada irisan buah apel dan sayuran lain yang gampang teroksidasi, lho.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bikin Nagih! Ini Resep Sate Jamur Bumbu Kecap

Membuat saus tomat sendiri memang lebih baik daripada membeli saus tomat kemasan. Tapi tantangannya adalah bagaimana cara agar saus tomat  homemade yang Anda buat tidak gosong saat dimasak? Trik-nya ternyata terletak pada metode mengaduk yang Anda lakukan, B’Timers. Untuk mencegah saus menjadi hangus, aduklah campuran saus tomat tersebut dengan membentuk pola angka 8. Pola mengaduk itu juga sangat berguna untuk mencampur semua bahan dan bumbu di dalam saus dengan sempurna, lho.

Asalkan Anda tahu triknya, acara memasak Anda pun akan jadi lebih menyenangkan. Dan sekarang saatnya praktek nih. Selamat mencoba, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE