Tips Mengolah Daging & Kreasi Masakan Daging | Breaktime
Tips Mengolah Daging & Kreasi Masakan Daging
23.08.2017

Daging jadi bahan makanan yang paling banyak dibuat oleh ibu-ibu di rumah setelah ayam. Berbagai kreasi masakan daging telah banyak dibuat. Mulai dari menu tradisional sampai masakan kelas bintang lima. Meski masakan daging bisa dikreasikan sendiri di rumah, tetap saja masih banyak ibu-ibu yang merasa kesusahan dalam memasak daging.

Masalah yang sering dialami adalah daging yang keras atau kualitas daging yang kurang baik. Sebenarnya, ada beberapa trik nih Moms untuk membuat daging yang empuk. Sedangkan untuk kualitas, bisa jadi disebabkan oleh cara penyimpanan yang kurang benar. Lalu bagaimana tips dan trik memasak serta menyimpan daging yang benar?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Masakan Jawa Tanpa Citarasa Manis, Cobain Yuk!

Cara membuat daging tetap empuk saat dimasak

Sebelum dimasak, daging harus diletakkan di suhu ruangan untuk membuatnya tetap dalam keadaan lunak setelah dikeluarkan dari dalam kulkas. Tak hanya itu, cara mengirisnya pun juga harus benar. Belah daging mengikuti seratnya. Anda juga bisa memotongnya menjadi bentuk kecil-kecil agar cepat empuk saat dimasak.

Anda juga bisa melunakkan daging dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang mampu memecah protein, sehingga daging memiliki tekstur yang lebih empuk. Caranya adalah dengan meremas daun pepaya bersama daging, lalu membungkus daging dengan daun pepaya tersebut dan diamkan selama 30 menit. Baru bisa diolah.

Cara yang terakhir adalah dengan memasukkan daging yang diolah saat air sudah mendidih. Cara ini memang sangat mempengaruhi tekstur daging itu sendiri ketika nanti dimasak.

Cara menyimpan daging yang benar sebelum dimasak

Tips Mengolah Daging & Kreasi Masakan Daging | Breaktime
Sebelum membuat masakan daging, kenali kualitasnya dengan baik

Sebelum menyimpan daging, Anda harus mengenali kualitas daging yang baik seperti apa. Jika dilihat secara umum, daging dengan kualitas baik berwarna merah segar, tidak berlendir, dan memiliki bau khas daging. Nah, jika Moms menemui daging dengan perubahan warna yang tidak umum sebaiknya jangan dibeli.

Setelah membeli, Anda pasti akan memasukkannya ke dalam lemari es. Sebelum dimasukkan, potong-potong dulu dagingnya sesuai takaran konsumsi atau sesuai selera Anda. Kemudian masukkan ke dalam plastik yang tergolong food grade dan hindari menyimpannya dalam kantong plastik berwarna-warni. Satu hal yang harus Anda ingat adalah jangan pernah memasukkan kembali daging beku yang telah dikeluarkan hingga encer. Ini mengakibatkan mikrobia semakin banyak dan membuat daging cepat busuk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manis Kenyal Mochi Ice Cream Penuh Kebahagiaan

Cara menyimpan daging lainnya sebelum membuat masakan daging adalah dengan menyimpannya secara bertahap. Hewan yang dipotong akan mengalami kontraksi atau rigor mortis. Oleh karena itu, masukkan dalam kulkas secara bertahap dengan meletakkan di refigerator terlebih dahulu selama 24 jam, baru kemudian pindahkan ke freezer.

Setelah tahu bagaimana menyimpan daging yang benar dan bagaimana cara memasak yang benar, Moms bisa coba resep yang satu ini, nih. Resep masakan daging khas Padang, Sumatera Barat ini sedapnya cocok banget untuk para pecinta pedas. Penasaran, kan? Let’s get cooking!

Dendeng Lambok Mercon

Tips Mengolah Daging & Kreasi Masakan Daging | Breaktime
Masakan daging Dendeng Lambok Mercon

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 30 buah cabai rawit merah
  • 10 buah cabai keriting
  • 3 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat merah
  • garam dan gula secukupnya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mantap, Ini Cara Buat Bakso Ikan Lezat di Rumah

Cara membuat:

  1. Rebus daging hingga matang. Iris tipis daging yang sudah matang, pukul-pukul hingga agak memar agar empuk dan bumbui dengan bawang dan garam. Goreng hingga kering.
  2. Ulek kasar bumbu kecuali daun jeruk. Tumis hingga harum, masukkan daun jeruk dan masak hingga bumbu lambok matang.
  3. Masukkan daging dan masak dengan bumbu lambok. Tuang sedikit air jika terlalu kering. Masak hingga airnya habis lagi dan meresap di daging.
  4. Sajikan.

Nah, kini Moms bisa menyajikan kreasi masakan daging dengan resep Nusantara yang tak terbantahkan lagi cita rasanya. Selamat mencoba, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE