Tips Membuat Ketupat Enak dan Lebih Tahan Lama | Breaktime
Tips Membuat Ketupat Enak dan Lebih Tahan Lama
23.06.2017

Kalo mengingat ketupat, pikiran Anda tentu langsung melayang pada makanan berbentuk segi empat dengan rasa mirip lontong yang selalu tersedia saat hari raya tiba. Rasanya legit dan lembut di lidah, dinikmati dengan sayur ketupat yang lezat pula. Lontong dibungkus dengan menggunakan janur yang telah dianyam sehingga  bisa dimaukkan beras ke dalamnya.

Sebab dibungus janur ini lah, ketupat memiliki citarasa dan aroma yang lezat di lidah. Yummy banget ya, B’timers. Tanpa ketupat, rasanya hidangan hari raya terasa kurang sekali sebab ketupat sudah menjadi salah satu sajian wajib yang mesti Anda cicipi. Namun rupanya membuat ketupat gampang-gampang susah lo B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudahnya Menganyam Ketupat Hari Raya

Ada teknik tersendiri yang membuat ketupat terasa enak dan empuk ketika di gigit. Salah satunya dengan memperhatikan cara perebusannya dan pemilihan janur sebagai bungkusnya serta beras sebagai bahan utama ketupat. Lalu bagaimana cara membuat resep ketupat yang lezat? Berikut ulasannya.

Takaran beras. Pertama-tamaa rendam beras selama 30 menit kemudian ditiriskan. Penggunaan beras mempengaruhi seberapa banyak Anda perlu memasak bras sebagai bahan ketupat. Jika Anda menggunakan beras pulen sebagai bahan ketupat yaitu isi dengan ⅔ bagian saja. Jika menggunakan beras pera B’timers hanya perlu mengisikan 1/3 bagian saja dalam selongsog ketupatnya. Isian yang terllau penuh bisa jadi memmbuat ketupat terlalu mengembang sehingga sampai merobek janur. Atau bisa jadi tidak matang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Membuat Ketupat Homemade Mudah Nan Lezat

Rebus menggunakan panci biasa. Cara memasak ketupat yaitu dengan cara merebusnya dalam panci. gunakan panci besar untuk merebus agar cukup untuk porsi yang banyak. Pertama, isi panci dengan air lalu biarkan air hingga mendidih. Setelah air telah mendidih, masukkan ketupat yang telah diisi beras ke dalam panc. Jika ir menyusut, tambahkan kembali air ke dalam panci hingga suhunya stabil. Dibutuhkan waktu 4-5 jam hingga benar-benar empuk dan ketupat siap disantap. Namun sebelumnya, diangin-anginkan trelebih dahulu, agar ketupat yang akan dihidangkan lebih tahan lama. 

Tips Membuat Ketupat Enak dan Lebih Tahan Lama | Breaktime
Menyantap ketupat dengan sate (cr. Prezi)

Cara merbus dengan menggunakan panci Presto. Anda juga bisa memasak ketupat menggunakan panci presto lo B’timers. caranya mudah saja yaitu dengan merebusnya dalam panci yang sudah berisi air hingga terendam sempurna. Masak dengan api besar lalu jika sudh berbunyi, kecikan api dan biarkan selama 1 jam menggunakan api yang sedang. Jika akan mengeluarka uap dari panci presto, caranya dengan mengganjalnya menggunakan sendok pada tutup panci. Jika uap telah keluar seluruhnya, tutup panci dibuka, ambil ketupat yang telah matang tersebut lalu diangin-anginkan hingga ketupat menjadi dingin sehingga lebih tahan lama.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bikin Menu Ketupat Tahu Bandung Super Lezat

Cara menyimpan ketupat. Simpan ketupat dalam lemari es dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Jika ingin disantap, ketupat perlu dihangatkan dulu dengan cara dikukus. Ketupat yang dalam keadaan masih utuh lebih tahan lama ketika disimpan dibandingkan dengan ketupat yang sudah dipotong. Jadi usahakan jangan menyisakan potongan ketupat ya, B’timers.

Itu tadi cara membuat ketupat yang enak, kanyal dan bisa tahan lama untuk disantap B’timers. Ketupat paling cocok dinikmato dengan opor ayam, sayur pepaya atau bisa juga dengan lodeh. Jangan lupakan rendang dan kawan-kawannya di atasa meja makan akan menambah kemeriahan hari yang fitri. Jaga pola makan ya, b’timers. Sebab bisa jadi setelah satu bulan berpuasa Anda akan melampiaskan makan sepuasnya di hari fitri nanti. Selamat lebaran!



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE