Tak Doyan Rasa Pahit Pare, Ini Tipsnya | Breaktime
Tak Doyan Rasa Pahit Pare, Ini Cara Jitu Memusnahkannya
14.04.2015

B’timers penggemar siomay Bandung? Jika ya, pasti sudah tak asing dengan sayuran yang memiliki rasa pahit ini: pare! Dikenal dengan nama bitter melon dalam bahasa Inggris, pare sangat lazim digunakan sebagai lauk di negara-negara Asia termasuk juga Indonesia.

Meski banyak yang tak tahan dengan rasa pahitnya, sebenarnya pare punya cita rasa yang cukup lezat terlebih lagi jika dipadukan dengan bahan lain seperti teri atau udang. Selain itu, pare juga rendah kalori dan kaya akan polypeptide-P yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Pare juga kaya serat yang dapat mengatasi konstipasi dan mengandung vitamin C cukup tinggi sehingga baik untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Nah, sayang kan kalau berbagai kehebatan pare ini tak bisa Anda rasakan? Jangan khawatir ya, Breaktime punya cara menghilangkan rasa pahit pare sehingga Anda pun bisa mengonsumsinya dengan nikmat. 

Proses pengolahan yang tepat akan menghilangkan rasa pahit pare
Proses pengolahan yang tepat akan menghilangkan rasa pahit pare

Penggaraman

Metode ini bertujuan untuk menghilangkan getah pada pare yang menimbulkan rasa pahit. Pertama, potong-potong pare dan masukkan ke dalam wadah. Kemudian, taburi garam dan biarkan selama beberapa saat. 

Jika sudah terlihat cairan getah yang keluar dari potongan pare, peras sayuran ini hingga layu. Setelah itu, bilas dengan air bersih hingga getah pare hilang sepenuhnya. Proses ini bisa diulang hingga 2 kali untuk memusnahkan rasa pahit dengan maksimal. 

Blanching

Metode blanching ini dilakukan dengan cara memasukkan potongan pare ke dalam air mendidih selama beberapa menit. Setelah itu, masukkan irisan pare ke dalam air es sambil sedikit diremas-remas. Cara ini memang lebih praktis dari metode penggaraman, namun sayangnya kandungan nutrisi pare juga akan berkurang saat Anda memasukkannya ke dalam air mendidih dan air dingin secara berurutan.

Metode tanah liat

Tanah liat kering bisa digunakan untuk menyerap getah dan rasa pahit dari pare. Caranya, masukkan potongan pare ke dalam panci berisi air mendidih dan potongan tanah liat. Masak selama beberapa menit, kemudian tiriskan pare dan cuci dengan air mengalir. Mudah, bukan?

Selain itu, B’timers juga bisa menyamarkan rasa pahit pare dengan memilih bumbu-bumbu yang bercita rasa kuat seperti cabai, bawang putih, kecap ikan, dan juga kecap manis. Jangan takut lagi ya, dengan rasa pahit pare!

Share This Article