Si Lembut nan Gurih Penggoda, Es Serut Homemade | Breaktime
Si Lembut nan Gurih Penggoda, Es Serut Homemade
30.01.2017

Masih ingat dengan Es Puter, jajanan masa kecil yang begitu populer di masanya, B’timers? Eits, jangan salah, karena Es Puter masih tetap disukai hingga saat ini, lho. Ya, sajian dingin yang termasuk ke dalam makanan pencuci mulut ini memang sangat mirip sekali dengan Es Krim yang biasa dijajakan di restoran ataupun café ternama. Namun rasanya boleh, lho, diadu dan disejajarkan dengan dessert dingin lainnya.

Tidak menggunakan susu sebagai bahan utama pembuatannya, Es Puter menawarkan rasa dan tekstur yang berbeda. Hal ini karena di dalam resep pembuatan Es Puter digunakan santan kental untuk ganti susu. Meskipun memiliki tekstur yang kasar, karena proses pembekuan Es Puter ini masih dilakukan secara tradisional, namun pada kenyataannya Es Puter tetap memiliki penggemar yang tidak sedikit, lho.

Nah, untuk Anda yang ingin bercumbu dengan kerinduan masa kecil yang seru ketika menikmati gurih dan lembutnya Es Puter, berikut ini ada resep mudah untuk membuat Es Puter Homemade tanpa perlu alat berupa tabung untuk membekukan Es Puter, lho. Segera siapkan bahan-bahan untuk membuat Es Puter di rumah, yuk, B’timers!

Si Lembut nan Gurih Penggoda, Es Serut Homemade | Breaktime
Siapa yang tak tergoda dengan Es Puter nan gurih ini, B’timers?

Bahan-bahan Es Puter Homemade nan Lembut:

1000 ml santan kental

180 gram gula pasir

2 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air matang

1 lembar daun pandan, potong-potong

½ sendok teh garam dapur halus

1 buah kelapa muda, kerok bagian daging dan potong dadu kecil

Bahan-bahan topping Es Puter:

  • Susu coklat, secukupnya
  • Keju, parut, secukupnya,
  • Coklat, serut, secukupnya
  • Roti, secukupnya, potong-potong kotak atau sesuai selera
  • Buah leci
  • Buah beri segar
  • Mutiara, masak hingga matang
  • Alpukat, serut kecil-kecil
  • Nangka, potong dadu kecil

Cara membuat Es Puter Homemade nan Lembut:

  1. Siapkan panci berukuran sedang, kemudian masukkan santan, gula, daun pandan serta sedikit garam. Panaskan di atas api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk sampai semua bahan tercampur dengan rata.
  2. Tambahkan tepung maizena yang sebelumnya telah dilarutkan dengan air. Aduk campuran santan hingga larutan maizena tercampur dengan rata. Masak kembali sampai semua bahan mulai mengental. Angkat dan sisihkan hingga campuran dingin dengan sendirinya.
  3. Apabila adonan sudah mendingin, tambahkan serutan daging kelapa dan juga nangka yang sebelumnya telah Anda potong kecol-kecil. Aduk semua bahan hingga potongan kelapa dan nangka tercampur rata.
  4. Pindahkan adonan ke dalam wadah. Dan simpan adonan di dalam lemari pembeku. Biarkan selama kurang lebih 3 jam atau hingga Es Puter setengah membeku.
  5. Setelah Es Puter mulai membeku, keluarkan adonan dan haluskan adonan Es Puter dengan menggunakan mixer. Anda bisa menggunakan kecepatan rendah. Haluskan hingga semua bagian halus merata.
  6. Simpan kembali Es Puter di dalam lemari pembeku dan biarkan sampai Es Puter benar-benar beku dengan sempurna.
  7. Nah, setelah Es Puter beku dengan sempurna, Anda bisa menggunakan gelas saji, sendokkan Es Puter secukupnya dan hiasi dengan bahan-bahan topping, seperti susu coklat, parutan keju, coklat serut, potongan roti, buah leci, buah beri dan mutiara yang sebelumnya telah dimasak hingga matang. Susun topping kesukaan untuk Es Puter.
  8. Es Puter nan lembut dan gurih pun siap dinikmati, B’timers!

Untuk bahan topping Es Puter Homemade sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan kesukaan masing-masing orang di rumah. Anda juga bisa menambahkan rasa dan pewarna makanan ke dalam Es Puter agar membuat tampilannya semakin menarik, lho. Nah, selamat mencoba dan jangan lupa membagikan resep ini kepada sahabat dan teman-teman Anda, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE