Serunya Bikin Resep Chiffon Cake Pandan Lembut | Breaktime
Serunya Bikin Resep Chiffon Cake Pandan Lembut
17.11.2017

Dari berbagai macam jenis kue bolu, chiffon cake bisa dibilang merupakan salah satu jenis kue terfavorit. Tekstur kuenya yang sangat lembut dan airy membuat tiap gigitan terasa nikmat, dan tanpa terasa Anda sudah mengambil potongan kue chiffon yang ke-sekian. Saat ini chiffon cake memiliki banyak varian rasa, tapi tetap saja chiffon cake dengan rasa manis dan harumnya pandan tetap menduduki peringkat pertama. Dan daripada Anda beli kue chiffon pandan, kenapa tidak membuat sendiri di rumah dengan resep chiffon cake pandan lembut dan lezat dari BreakTime berikut ini?

Kenapa sih harus mengikuti resep chiffon cake pandan lembut di artikel ini? Well, karena Anda tidak hanya akan mendapatkan uraian resep tapi juga nanti Anda akan mendapatkan tips and tricks untuk membuat kue chiffon pandan Anda nantinya memiliki tekstur fluffy sesuai dengan keinginan. Yuk, simak dulu resepnya berikut ini.

Bahan-Bahan:

Bahan A:

  • 6 butir kuning telur
  • 40 gram gula halus
  • 100 ml santan kelapa yang dicampur dengan 1 sdt pasta pandan
  • 60 ml minyak sayur
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 150 gram tepung terigu protein rendah
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hadirkan Hidangan Klasik Resep Kuliner Pontianak

Bahan B:

  • 6 butir putih telur
  • 100 gram gula halus
  • 1 sdt air jeruk nipis
Serunya Bikin Resep Chiffon Cake Pandan Lembut | Breaktime
temukan rahasia resep chiffon cake pandan lembut

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, panaskan terlebih dulu oven Anda dengan suhu 170 derajat celsius
  2. Selagi menunggu oven panas, buat adonan krim terlebih dulu yuk. Kocok putih telur hingga berbusa. Setelah itu tuangkan air jeruk nipis, dan gula pasir secara bertahap. Aduk dengan menggunakan mixer hingga krim menjadi kaku. Bagaimana cara mengeceknya? Cukup balikkan saja wadah adonan tersebut. Kalau krim sudah benar-benar kaku, maka krim tersebut tidak akan tumpah saat dibalik
  3. Sekarang saatnya beralih untuk membuat adonan kue. Tuangkan kuning telur dan gula halus, dan aduk dengan menggunakan whisk atau kocokan tangan hingga gula larut seluruhnya. Baru setelah itu tambahkan minyak sayur, santan, dan bubuk vanili. Aduk semua bahan hingga rata. Tambahkan tepung terigu secara bertahap dengan cara diayak, aduk kembali adonan dan pastikan bahwa tidak ada adonan tepung yang menggumpal ya.
  4. Tambahkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur secara bertahap dan aduk lagi hingga kedua adonan bercampur rata. Siapkan loyang chiffon berukuran 22 cm yang tidak dioles atau dialasi oleh apapun dan tuangkan adonan chiffon di dalamnya. Panggang di dalam oven selama kurang lebih 50-60 menit. Jangan lupa cek kematangan dengan menggunakan tusuk gigi
  5. Setelah kue chiffon matang, jangan terburu-buru diambil dari cetakan terlebih dulu B’Timers. Balikkan dulu loyang hingga kue benar-benar dingin baru keluarkan dari cetakan loyang.
  6. Iris-iris kue, dan kue chiffon empuk lezat siap untuk disajikan.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manis Gurih ala Resep Cheese Tart Saus Blueberry

Mudah sekali kan, B’Timers. Nah, ujian sebenarnya dari membuat kue chiffon ini adalah bagaimana cara untuk membuat tekstur kue yang empuk mengembang dan tidak bantat seperti kue bolu. Dan juga bagaimana caranya agar kue chiffon tersebut tidak kempes ketika disajikan. Trik pertama ada di saat Anda mendinginkan kue chiffon tersebut.

Jika Anda menggunakan loyang berkaki, Anda tinggal membalikkan cake tersebut dengan posisi kaki-kaki loyang menyangga mangkuk cetakan. Dan kalau cetakan yang Anda miliki adalah loyang bolu biasa, gunakan botol atau kaleng untuk menyangga bagian tengah dari loyang tersebut saat membalikkannya. Jangan langsung menangkupkan loyang panas di atas meja ya? Pasalnya panas kue chiffon akan terjebak di dalam dan justru mengakibatkan kue menjadi kempes dan lembek.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
No Oven Tetap Fluffy! Resep Chiffon Cake Kukus

Trik untuk mencegah kue chiffon jadi padat adalah dengan memperhatikan momen saat Anda mengaduk campuran tepung terigu. Mengaduknya jangan terlalu kuat ya, B’Timers. Cukup aduk dengan ringan saja untuk mencegah terbentuknya gluten yang bisa mengakibatkan kue jadi bantat.

Semoga tips singkat dari BreakTime di atas membantu eksperimen resep chiffon cake pandan Anda, B’Timers. Selamat berkreasi!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE