Segarnya Sorbet Buah Bikinan Sendiri! | Breaktime
Segarnya Sorbet Buah Bikinan Sendiri!
17.12.2015

Sebenarnya terbuat dari apa sorbet itu? Rahasia dari penganan ini terletak pada kesederhanaan prosesnya. Biasanya sorbet terbuat dari jus buah atau sari buah. Sebagai pemanis tambahan sering ditambahkan madu atau cokelat.  Dan di Eropa, sorbet mengandung alkohol karena dapat membentuk teksturnya menjadi lembut.

Tidak seperti proses pembuatan es krim yang menggunakan bahan-bahan kering dan ditambahkan susu cair, pembuatan sorbet jauh lebih sederhana. Cukup dengan menggunakan buah yang kaya akan kandungan air. Jadi,bagi mereka yang tengah berdiet dan menghindari es krim, sorbet merupakan piihan yang tepat karena dibuat tanpa lemak atau rendah lemak. Penasaran ingin membuat sorbet di rumah untuk mengisi liburan ini, B’timers?

Segarnya Sorbet Buah Bikinan Sendiri! | Breaktime
Membuat sorbet buah tidak seribet yang dibayangkan, kok

Pineapple sorbet

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • nanas, ukuran sedang, bersihkan dan rendam dalam air garam 1 Buah
  • air lemon 2 sdm
  • gula 1 cangkir + 2 sdm 
  • Daun mint (optional)

Cara membuat:

  1. Potong-potong buah nanas, dan haluskan menggunakan blender. Campur air lemon.
  2. Tambahkan gula, dan blender selama 1 menit, atau biarkan sampai gula larut.
  3. Siapkan wadah, dan bekukan sorbet di freezer kurang lebih 1 jam. Atau sampai benar-benar beku.
  4. Sorbet siap disajikan. Tambahkan daun mint sebagai hiasan.

Well, sebenarnya untuk pembuatan sorbet ini mudah, kan, B’timers. Tinggal pilih buah-buahan yang Anda sukai, dan tambahkan dengan bahan pelengkap lain, seperti air perasan jeruk lemon dan madu atau gula jika ingin lebih manis.

Anda juga bisa memanfaatkan panen manga dari kebun sendiri untuk bahan pembuatan sorbet. Selain murah, rasanya pun tak kalah dengan es krim yang dijual di supermarket. Dijamin anak-anak Anda pasti menyukainya. Jangan lupa untuk mengajak mereka membantu menyiapkan sajian ini, ya, B’timers? Selamat mencoba! (no)

Share This Article